Selasa, 17 Agustus 2021

Bakhil

Orang yang bakhil atau kikir adalah orang yang menahan atau tidak memberikan sesuatu yang semestinya wajib diberikan kepada orang lain yang pantas menerima.

Perilaku bakhil dianggap bentuk kemaksiatan hati yang akan merusak kehidupan manusia.
:Dan jangan sekali-kali orang-orang yang kikir dengan apa yang diberikan Allah kepada mereka dari karuniaNya, mengira bahwa (kikir) itu baik bagi mereka, padahal (kikir) itu buruk bagi mereka. Harta yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan (di lehernya) pada hari kiamat".
*QS.Ali Imran (3): 180*
"Dan adapun orang yang kikir dan merasa dirinya cukup (tidak perlu pertolongan Allah), serta mendustakan (pahala) yang
terbaik
, maka akan kami mudahkan baginya jalan menuju kesukaran (kesengsaraan). Dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila dia telah binasa."
*QS. Al-Lail (92):8-11.*
Dalam surat yang lain Allah SWT berfirman:
"Ingatlah, kamu adalah orang-orang yang diajak untuk menginfakkan (hartamu) di jalan Allah."Lalu diantara kamu ada orang yang kikir, dan barangsiapa kikir maka sesungguhnya dia kikir terhadap dirinya sendiri. Dan Allah-lah Yang Mahakaya, dan kamulah yang membutuhkan(karunia-Nya)."
*QS. Muhammad (47):38.*
Allah mencela orang-orang yang tidak mau menginfakkan hartanya di jalan yang telah diperintahkan Allah. Merekapun tidak mengeluarkan hak Allah yang terdapat dalam harta mereka, bahkan menyuruh orang lain berbuat bakhil.
Firman Allah :"Orang bakhil adalah orang yang mengingkari nikmat Allah.Nikmat Allah itu tidak tampak dalam pakaian, makanan, atau pemberiannya.
Dalam suatu hadist dinyatakan:
"sesungguhnya jika Allah menganugerahkan suatu nikmat kepada hambaNya maka Dia suka jika kenikmatan itu tampak berdampak pada dirinya."
Orang yang memiliki sifat bakhil tidak hanya akan jauh dari manusia melainkan ia juga akan jauh dari surga.
:Hati-hatilah kamu terhadap sifat bakhil, karena bakhil telah merusak orang-orang sebelum kalian. Mereka memutuskan silaturahim, berbuat bakhil dan berbuat maksiat, semuanya disebabkan oleh penyakit bakhil ini".
*H.R. Imam Ahmad*.
.
"Orang yang bakhil jauh dari Allah; jauh dari surga dan jauh dari manusia."
*H.R. Turmudzi*
:Tidak akan masuk surga orang yang suka menipu, orang bakhil dan orang yang suka mengharap-harapkan pemberian orang lain.
*H.R.Turmudzi*
"Orang dermawan dekat dengan Allah, surga, manusia, dan jauh dari neraka.Orang yang kikir jauh dari Allah, surga, manusia dan dekat dengan neraka. Orang dermawan yang bodoh lebih dicintai Allah daripada orang ahli ibadah yang kikir"
*H.R. Tirmidzi dan Abu Hurairah*.
Semoga ayat-ayat Al Qur'an dan Hadist diatas menjadi pembelajaran bagi diri kita untuk terus menjaga akhlak baik dan jauh dari perilaku tercela, bakhil.
Salam sehat.
29 Zulkaidah 1442H/10.07.2021.
lfh/LFH.
Youtube prof reni akbar hawadi
_Diadaptasi dan disadur secara bebas dari berbagai sumber_.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia