Kamis, 02 Maret 2023

Guru Besar UI: Sekolah garda terdepan kawal perkembangan karakter anak


Jakarta (ANTARA) - Guru Besar Universitas Indonesia Prof Dr Lydia Freyani Hawadi MSi MM Psikolog mengatakan sekolah merupakan garda terdepan dalam mengawal perkembangan karakter peserta didik.


"Setelah peserta didik memperoleh pendidikan karakter di rumah dari orang tua atau keluarga terdekat, maka sekolah akan menjadi garda terdepan yang mengawal berkembangnya karakter baik bagi seorang anak," kata Prof Lydia Freyani Hawadi ketika dihubungi di Jakarta, Minggu.

Prof Lydia yang juga dikenal dengan sebutan Prof Reni menambahkan bahwa sekolah akan makin memperkuat pendidikan dan nilai-nilai karakter bagi peserta didik agar dapat tumbuh sebagai pribadi yang berakhlak mulia.


Menurut dia, pendidikan karakter yang diberikan sejak dini yang bertujuan agar anak tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan berintegritas menjadi tugas orang tua.

"Orang tua yang berperan meletakkan fondasi akhlak, moral, dan perbuatan baik sebagai bekal sang anak untuk berinteraksi di lingkungan sosial yang lebih luas," katanya.

Setelah itu, pengetahuan moral baik atau pendidikan karakter yang diperoleh anak dari orang tua, keluarga atau lingkungan terdekatnya akan diperkuat oleh lingkungan yang lebih luas yang ada di sekitar anak.

"Lingkungan di sekitar anak yang dimaksud yaitu sekolah, tetangga sekitar, tempat ibadah, tempat les anak, intinya komunitas yang dapat menjadi pendukung bagi nilai-nilai baik yang diterima anak di rumah," katanya.


Dengan demikian, kata dia, agar pendidikan karakter di sekolah berjalan baik maka perlu kemitraan yang baik antara sekolah dan orang tua.

"Keluarga menjadi mitra sejajar untuk tercapainya tujuan pendidikan bagi seluruh siswa. Hubungan harmonis antara sekolah dengan keluarga merupakan hal esensial yang perlu dibangun untuk optimalisasi pendidikan anak di ranah akademik, sosial, dan emosional," katanya.

Prof Lydia yang pernah menjabat Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Non-Formal dan Informal (PAUDNI) Kementerian Pendidikan Nasional periode 2012-2014 itu mengatakan keluarga dan sekolah berperan penting dalam mendukung optimalisasi tumbuh kembang anak, khususnya dalam aspek pendidikan karakter.



"Keluarga dan sekolah memiliki pengaruh pada kinerja siswa secara menyeluruh. Apa yang ditampilkan anak merupakan hasil kerja sama antara sekolah dan orang tua atau keluarga di rumah," katanya.


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia