Jumat, 25 Desember 2020

NEKAAAD....

Dibawah ini foto kunjungan dinas saya di salah satu Taman Kanak-Kanak Kota Jayapura, tahun 2013.

Bisa dikata, Papua termasuk Provinsi yang kerap saya datangi. Saya meninjau beberapa PAUD yang memperoleh bantuan pemerintah, berdialog dengan guru, kepala sekolah, pemilik sekolah, dan tokoh masyarakat.Kali lain saya berkunjung melihat tempat kursus yang ditunjuk sebagai TUK, tempat kursus yang peroleh bantuan sarana prasarana, ke PKBM yang menjadi ujung tombak penyelenggaraan pendidikan non-formal serta TBM penyedia buku-buku agar minat baca masyarakat terus tumbuh. Dan tentunya Balai PAUDNI, unit yang menjadi tulang punggung keberhasilan program PAUDNI di wilayahnya.
Namun tetap hal yang istimewa dikenang saat pertama kali saya ke Papua tahun 1983. Bayangkan saya sedang hamil 23 minggu anak pertama, dan pergi untuk survei ke Papua seorang diri. Nekaaaad...
Pak suami kaget..." haaah..ga salaaah ?? Lagi hamil gene...tahu gak Papua dimana..tahu gak kondisi disana bagaimana..bla bla bla..yang akhirnya capek dan menyerah " ya sudah bun, kalo memang sudah niatnya seperti itu, bismillah..ingat ya pesan gw jangan pernah berhenti dzikir..karena katanya dari Makassar ke Papua naik pesawat kecil dan anginnya susah diprediksi". Kalo ga perlu-perlu amat ga usah ikut jalan-jalan. Jaga diri baik-baik bun. Ingat lagi hamil, jangan macam-macam".
Saya ke rumah mami, saat makan malam waktu yang tepat bercerita kalo dua hari lagi saya berangkat dinas ke Papua "mohon doa mii..biar ga ada masalah selama disana... lancar dan tugasnya beres...selamat pulang pergi.."
Pada mami saya berargumen "mii...ini kesempatan langka miih..sudah lama sekali ngebatin kapan bs lihat Papua" Kalau toch pergi ke Papua dari kantong sendiri on mogelijk laah..kl ada uang mending pilih yang dekat-dekat, kejangkau juga dan nyaman pastinya" ya kaaan.. Mami ga usah kuatir ya..mohon doa restunya mami saja untuk kami berdua sambil ngelus kandungan saya".
Selasa hari saya bekerja untuk KKPPAB Puskur Balitbang Kemdikbud. Saya sedang mengemas kelengkapan kerja untuk siap-siap keluar dari kubikel.. Tiba-tiba saja bu Noor sudah berdiri di depan saya "dik Reni..sy lagi cari orang untuk survei tentang keterampilan membaca di jenjang Sekolah Dasar". Ooh...ya bu Noor menarik ya, dimana surveinya..dst dst..sampai akhirnya "yuk kita sambil jalan saja cari makan siang di Ratu Plaza".
"Kenapa bukan bu Noor saja ya yang pergi" Nganu saya sudah pernah ke Papua dik, ini saya pilih Palembang. Dan besok sudah berangkat. Jadi kalo pajenengan siyap saya akan matur bu Aspita agar disiapkan berkasnya, kuitansi dan lumpsum. Eeh dik lumpsumnya gede lho..lumayan..untuk nambah-nambah persiapan persalinan".
Saya sudah ga denger lagi yang diomongin, karena sambil makan gado-gado pikiran saya sudah langsung melayang...koordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat, strategi survei, ngepak koper, cari kendaraan ke tempat penginapan, cari koteka untuk souvenir dls dls

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia