Minggu, 03 Oktober 2021

Afwan

Dalam interaksi sehari-hari kata 'afwan' semakin kerap kita gunakan, sebagai jawaban kata 'syukran'. Dalam konteks ini kata afwan berarti 'sama-sama', seperti halnya jawaban dalam bahasa Indonesia ketika mengucapkan 'terima kasih' atau dalam bahasa Inggris _'You're Welcome'_ untuk jawaban _'Thank You'_ .

Selain berarti 'sama-sama' kata 'afwan' juga memiliki arti kata lain yaitu, maaf dan bukan apa-apa. Jadi afwan bisa digunakan ketika meminta maaf, menjawab ucapan terima kasih dan menolak permintaan seseorang.
Mengutip dari beberapa sumber, _Afwan_ secara harfiah dalam bahasa Arab berarti maaf.
_Afwan_ berasal dari kata _Al Afwu_, yang berarti mashdar dan fi'il (kata kerja) _'afaa-ya"fu_. Pada Lisanul Arab 15/72 disebutkan _Al Afwu_ adalah memaafkan.
Imam Syafi'i dalam bukunya yang berjudul "Ar-Risalah :Panduan Lengkap Fikih dan Usul Fikih" menyatakan kata afwan merujuk dari Al-afw yang memiliki arti maaf atau ampunan. Seperti dijelaskan sebagai berikut:
_"Rasulullah tidak mengutamakan apapun selain keridhaan Allah.(Jika demikian halnya) maka kata Al-Afw (maaf/ampunan) tidak keluar dari dua kemungkinan (makna); adakalanya maaf terhadap taqshir (ketidak sempurnaan) dan ada kalanya tausi'ah (memberikan toleransi)."_
Demikianlah penjelasan kata afwan, semoga bisa kita gunakan sesuai situasi atau konteks agar tidak terjadi salah memaknai.
Selamat menjalankan Sunnah Dhuha. Salam sehat.
2 Muharram 1443H/11.08.2021.
lfh/LFH.
Youtube prof reni akbar hawadi
_Diadaptasi dan disadur secara bebas dari berbagai sumber_.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia