Minggu, 03 Oktober 2021

Barakallah fii umrik*

Saat menerima ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Indonesia,terselip juga beberapa kata ucapan dalam bahasa asing dari beberapa teman. Ada yang menulis dalam bahasa Perancis _"Bon anniversaire"_., yang biasa berHolland spreken menulis _"Hartelijk gefeliciteerd"_ . Teman saya sesama alumni program Nakasone lebih suka menulis _"Omedetou"_ sementara sepupu saya Beung, menulis _"Wilujeng tepang taun"_ Dan sudah dua tahun ini tidak sedikit yang mengirim ucapan ulang tahun dalam bahasa Arab _"Barakallah fii umrik_.

Artinya:
*Semoga keberkahan selalu Allah limpahkan atas usiamu*
Apakah ada syariat khusus untuk mengingat hari kelahiran? Jawabannya tidak ada. Namun disebutkan Nabi Muhammad SAW mengisi hari lahirnya dengan berpuasa.
Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu'anhu, Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam pernah ditanya puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab:
_"Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku."_
*HR.Muslim no.1162*
Umar bin Al-Khattab ra,
berkata, saat Rasulullah SAW ditanya _"Amal-amal yang paling utama?_
_Beliau bersabda, "Engkau membahagiakan saudara mukminmu, mengenyangkan yang lapar,memberikan pakaian kepadanya."_
Mengucapkan selamat ulang tahun hukumnya mubah, maksudnya boleh dilakukan. Jika dikerjakan tidak mendapatkan pahala, juga tidak berdosa. Jika pun ditinggalkan tidak berdosa dan tidak berpahala.
Jadi mengucapkan selamat ulang tahun tidak dilarang. Demikian juga memberi hadiah tidak dilarang. Bahkan keduanya merupakan sesuatu yang baik karena bisa mempererat hubungan persaudaraan.
Hal ini justru dicontohkan Rasulullah dalam sebuah hadist.
_" Rasulullah shalallahu'alaihi wasallam biasa menerima hadiah dan biasa pula membalasnya."_
*HR.Bukhari No.2585.*
Ada dalil untuk meminta panjang umur, dengan catatan untuk menambah kebaikan. Usia seseorang adalah rahasia Allah, sehingga yang bisa dilakukan hanyalah berharap keberkahan dari usia tersebut.
Saya kutipkan beberapa doa untuk meminta panjang umur:
_"Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, kesegaran tubuh, penambahan ilmu, keberkahan rezki serta taubat sebelum mati dan rahmat ketika mati, dan ampunan sesudah mati."_
_"Wahai Tuhanku, kami memohonkan kepada Engkau umur panjang, yang selalu digunakan untuk taat kepadaMu, dan akhirilah umur kami dengan melakukan perbuatan yang baik"_
Salam sehat.
Kita memohon kepada Allah agar terpelihara dari godaan setan, dan terpelihara dari hawa nafsu yang selalu memerintahkan berbuat keburukan.
3 Muharram 1443H/12.08.2021.
lfh/LFH.
Youtube prof reni akbar hawadi
_Diadaptasi dan disadur secara bebas dari berbagai sumber_.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia