Sabtu, 26 Desember 2020

GEGARES

Kata gegares ini sering disebut papi, " Ayoo kita gegares!" Sambil dua tangannya bergerak atas bawah ke mulut, memberi tanda makan.

Well...kegemaran papi salah satunya ajak istri dan anaknya makan enak. Jadi banyak kenangan tempat makan enak saya di masa kecil yang membentuk selera saya (bahkan turun juga ke anak-anak) terhadap pilihan kesukaan makanan. Beberapa antara lain.
Kalo mo ala Barat, saya dan dik adik diajak ke Java Room, HI. Steak, hamburger, banana split, dan chocolate Sundae, kosa katanya.
Kalo pas si papi lagi pengen kerang, abis magrib kami berempat diajak ke daerah Pecenongan. Kami nongkrong di salah satu warung tenda. Papi mengajarkan kami memilih kerang dari tumpukan piring yang berisi kerang. Setelah rebusan kerang berikut sambalnya datang, papi mengajarkan cara mencungkil kerang dan mencocol ke sambalnya" ayoo..aaa...hap..enak ya?"Saya ngangguk, sambil menelan kerang yang disuapin, nyoba mencungkil dan mencocol sendiri.
Nah..kalau papi mo makan besar pas siang-siang, pilihan jatuh ke Chinese food, maka papi seringnya membawa kami ke restoran Paramount dan Trio.
RM Padang yang sering kami kunjungi adalah Roda. Gule otak, tunjang, ayam bakar lamak sadonyo.
Gudeg juga menjadi makanan kegemaran keluarga. Si mami kalau abis pulang belanja dari Pasar Cikini so pasti bawakan oleh-oleh gudeg. Wah..kebayang empuknya paha ayam, kombinasi krecek dan nangkanya hmmm..susah ngegambarin lezatnya gudeg Pasar Cikini. Top!
Untuk gado-gado, mami paling sering ke Jalan Srikaya, di belakang rel Gondangdia. Wah ini hrs berdiri sabar nunggu utk duduk. Tempatnya keciiiil...tapi rameee minta ampun. Kuah kacangnya mana tahaaan.
Makan bakmi yaaa Bakmi Gajah Mada..tempat aslinya sempiit, sll penuuh..kl dpt duduk di basement bisa sambiil lihat dua orang duduk diatas bambu adonan tepung mi.
Ragusa tidak jauh dari Jalan Wahidin, jadi kalo lagi pengen es krim ya kesini. Pilihan saya selalu Banana Split, Nita eskrim Nougat, mami Tutti Frutti dan papi es krim soda.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia