Selasa, 03 Juli 2018

Dirjen Paudni Hadiri Pelantikan Bundo Paud Payakumbuh

Kehadiran Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (PAUDNI) Kemendikbud RI,  Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, dalam acara pelantikan Bundo PAUD Kota Payakumbuh, Sabtu (1/2),  diharapkan membawa langkah positif bagi peningkatan mutu pendidikan anak usia dini di kota ini.  Dirjen berharap, Pemko punya perhatian lebih serius dengan pendidikan pra SD ini. Ia juga meminta, agar meningkatkan mutu guru. Seiring dengan perkembangan tekologi informasi, seyogianya, ke depan,  guru PAUD  minimal S1.

Penegasan tersebut disampaikan Dirjen PAUDNI  Lydia Freyani Hawadi, ketika memberi sambutan dalam acara pelantikan  Ibu Dr. Henny Yusnita sebagai Bunda PAUD Kota Payakumbuh,  di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Kelurahan Padang Alai,  Kecamatan Payakumbuh Timur, Sabtu  siang. Ia mengingatkan, kemampuan guru tak boleh tertinggal dari murid, terutama dalam penguasaan  terkhnologi informasi.

Sementara itu, Bunda PAUD Propinsi Sumatera Barat Ibu Nevi Zuairina, juga menegaskan, pendidikan anak usia dini atau PAUD,  adalah dasar pondasi pendidikan sebelum memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Kita tahu bahwa pendidikan di awal masa pertumbuhan anak sangatlah penting. Pada usia dini, otak berkembang sangat cepat, seiring perkembangan fisik, mental, dan spiritual anak mulai terbentuk. Dimana masa ini dikenal dengan golden age.

Ibu Nevi menambahkan, bahwa perlunya semua pihak bergandeng tangan menjalin sinergi untuk mewujudkan program pembinaan PAUD. “PAUD haruslah menjadi kesadaran bersama masyarakat Sumatera Barat untuk peduli demi terwujudnya generasi emas bangsa ini”, ingat  Ibu Nevi.

Acara yang berjalan dengan cukup meriah dan hikmat tersebut, juga dihadiri Walikota Riza Falepi, Kadis Pendidikan Sumatera Barat diwakili Kabid PAUD Jhoni Nurdin, Asisten II Amriyul, Kadis Pendidikan Hasan Basri, sejumlah pimpinan SKPD, camat, lurah, serta guru  PAUD se Kota Payakumbuh.

Setelah pengukuhan Bunda PAUD Kota Payakumbuh oleh Bunda PAUD Propinsi, Ibu Henny Yusnita juga melantik 5  Bunda PAUD Kecamatan se Payakumbuh. Kelima Bunda PAUD tersebut adalah Bunda PAUD Kecamatan Payakumbuh Utara, Ibu Reni Novriwandi, Bunda PAUD Kecamatan Payakumbuh Barat Ibu Hamida Nurdal, Bunda PAUD Payakumbuh Timur Ibu Herlina, Bunda PAUD Payakumbuh Selatan Ibu Yunida Fatwa dan Ibu Ega Doni Prayuda sebagai Bunda PAUD Kecamatan Lampasi Tigo Nagari.

Bunda PAUD Kota Payakumbuh, Henny Yusnita,  dalam pidatonya mengatakan, perbaikan kualitas layanan PAUD serta kualitas para pengajar dijenjang pendidikan anak usia dini perlu terus ditingkatkan secara terus-menerus dan berkesinambungan. Untuk itu diperlukan perhatian dari kita semua baik pemerintah, masyarakat, maupun pemerhati dan pelaku dibidang PAUD itu sendiri.

Bunda PAUD Henny Yusnita, punya target, dalam tahun 2014 ini, seluruh kelurahan wajib punya satu PAUD. Hingga sekarang, katanya, dari 76 kelurahan, hanya tiga kelurahan yang belum punya PAUD.  Yaitu Kelurahan Bodi, di Kecamatan Payakumbuh Timur, Kelurahan  Parik Muko Aia di Kecamatan Latina dan Kelurahan Tanjung Anau di Kecamatan Payakumbuh Utara.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi,  dalam sambutannya, menyampaikan, ucapan selamat atas dilantiknya Ibu Henny Yusnita sebagai Bunda PAUD Kota Payakumbuh. Dan berharap program PAUD di kota Batiah dapat berjalan dengan baik sejalan dengan visi dan misi pemerintah kota. ” Pemko akan selalu memberikan perhatian penuh, apresiasi, dan mendorong peningkatan pembangunan program PAUD dimasa-masa yang akan datang,” kata Riza Falepi.

Rangkaian acara pengukuhan Bunda PAUD Kota dan Bunda PAUD Kecamatan, diakhiri dengan pembukaan  Gebyar PAUD   2014 oleh Prof Lydia Freyani Hawadi. Gebyar PAUD, disebut Kabid Formal dan Informal Disdik Payakumbuh, Elfi Joni, S.Pd, akan berlangsung hingga Juni mendatang. Selama empat bulan ke depan, diadakan seminar,  berbagai lomba dan karnaval, mulai dari tingkat kecamatan sampai ke tingkat Kota Payakumbuh. Sebanyak 2.000 murid PAUD akan terlibat dalam gebyar dimaksud.

Sumber:  http://beritasumbar.com/dirjen-paudni-hadiri-pelantikan-bundo-paud-payakumbuh/

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia