Selasa, 12 Juni 2018

Tanamkan Nilai Kebangsaan di TK Internasional

SOLO, PAUDNI. Nilai – nilai Kebangsaan perlu ditanamkan pada anak usia dini. Hal ini penting untuk menciptakan generasi muda yang bermoral dan memiliki rasa cinta tanah air.

Demikian ucap Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI) Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog saat membuka Kegiatan Workshop Penyusunan Pedoman Kebijakan Bidang Pembelajaran dan Peserta Didik, Rabu (23/04).

Lydia mengaku prihatin dengan keadaan sekolah TK Internasional yang kurang memiliki nilai – nilai kebangasaan. Terbukti saat Dirjen berkunjung ke salah satu TK Internasional, pada sambutan awal oleh instruktur anak menggunakan bahasa Mandarin dan pada peserta didiknya tidak ada yang bisa menyanyikan lagu – lagu anak Nasional, “ini prihatin” tegas Dirjen.

Dalam waktu dekat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengatur sekolah yang bertaraf Internasional hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 yaitu mengamanatkan sekolah – sekolah internasional harus beralih dalam empat bentuk dan saat ini menjadi tiga bentuk yaitu Kurikulum berbasis Pendidikan Nasional, Keunggulan lokal, dan Kerja sama,“ ujar Dirjen PAUDNI.

Kegiatan Workshop Penyusunan Pedoman Kebijakan Bidang Pembelajaran dan Peserta Didik yang diselenggarakan di Solo, dihadiri oleh Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog (Dirjen PAUDNI), Dr. Erman Syamsuddin, SH., M.Pd (Direktur Pembinaan PAUD), Prof. Dr. Hamid (UPI), Pak Pontjo Sutowo (Narasumber dalam Kegiatan) dan Para Peserta undangan.
(Gunawan Prasetiyo/HK)

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia