Sabtu, 09 Juni 2018

Pesta Pembukaan Permainan Tradisional Anak Tahun 2012

Pembukaan Pesta Permainan Anak Nusantara ke–7 yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Sabtu (15/9/2012) berlangsung meriah. Ratusan anak-anak dari berbagai daerah tampil dengan adat busana mereka. Balikpapan mendapat kehormatan menggelar acara yang melibatkan 344 anak dari 11 provinsi ini.
Hadir dalam pembukaan acara ini Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Lydia Freyani Hawadi dan Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi. Para peserta mendapat sambutan meriah dari masyarakat Balikpapan yang memadati acara ini. Bahkan Wali Kota Rizal Effendi menyambut secara khusus pasangan perwakilan dari Papua saat kontingen daerah melakukan parade melewati panggung utama.


Selain diisi dengan parade kontingen, yang melewati panggung utama acara pembukaan yang diadakan pada sore hari ini juga dimeriahkan dengan atraksi kesenian tradisional serta pertunjukan drum band. Hari Minggu (16/9/2012) acara diperkirakan lebih meriah karena anak-anak dari berbagai provinsi tersebut akan beradu ketangkasan memainkan berbagai macam permainan tradisioanal khas Indonesia.


Selain berbagai macam perlombaan, event bertema Permainan Tradisional Anak Sebagai Sarana Pemahaman Keberagaman Budaya Bangsa ini juga diselingi sarasehan yang akan diselenggarakan tanggal 16 September di City Hotel dengan menghadirkan beberapa narasumber yang akan berbicara tentang penguatan karakter bangsa yang berbasis muatan lokal.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia