Rabu, 18 April 2018

Saya Belajar Tiga Hal Besar dari Bu Reni

Oleh Siti Rahma 
Mahasiswa Profesi Pendidikan Fakultas Psikologi UI, Angkatan 2016

Selama hampir tiga bulan Bu Reni menjadi  pembimbing kasus kelima dan keenam saya. Melalui bimbingannya saya mendapatkan tiga hal besar yang bisa saya pelajari.

Pertama, belajar pemeriksaan kasus. Dari Bu Reni saya belajar pentingnya terlebih dahulu penguasaan teori sebelum bertemu klien. Jadi saya harus menguasai teori dengan baik untuk menangani klien yang akan saya tangani.

Saya tidak bisa langsung ujug-ujug melakukan observasi dan wawancara tanpa dasar teori yang jelas. Bu Reni minta agar diawal dibuat rancangan apa yang akan saya amati dan tanya pada klien. Dan ini harus berdasarkan teori.

Dengan cara ini cara kerja saya memang  jadi lebih berstruktur dan sistematik karena sudah ada panduan.  Saya  juga lebih pasti arah konten laporan yang sesuai dengan diagnosa.

Dari Ibu, saya juga belajar untuk membuat kalimat yang efisien khususnya dalam surat keluar. Saya belajar dari ibu untuk kemampuan abstraksi dari mengumpulkan hal-hal yang terpotong-potong menjadi sesuatu yang holistik.

Hal kedua yang saya pelajari adalah mengenai sikap kerja. Dari ibu Reni saya belajar untuk menjadi psikolog yang  tertib,  konsisten dan cermat dalam menuliskan sesuatu. Selain itu saya belajar dari Ibu untuk bersikap responsif, cepat dan tanggap dalam bekerja. 

Kecepatan dan ketelitian  saya yang  kurang memang masih menjadi PR buat saya.

Hal ketiga yang saya peroleh dari ibu, adalah saya diajak menjadi pribadi  yang asertif. Saya diajar oleh untuk bersikap terbuka dan berani untuk melaporkan kemajuan laporan saya sesuai tenggat waktu yang ditetapkan apapun hasilnya. Selama ini saya memang lebih memilih tidak menghubungi dosen karena saya merasa laporan saya belum sesuai dg harapan. Pesan Bu Reni untuk tidak mudah "baper" terus saya ingat. Dan dari sini juga saya belajar untuk terus belajar meningkatkan pola komunikasi saya. 

***

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia