Usai memberikan sambutan pengarahan dan membuka rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Kebijakan dan Pelaksanaan Program PAUD tingkat Nasional tahun 2013 (angkatan II) di Surabaya, Direktur Jenderal PAUDNI Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog mengajak peserta untuk mengingat kembali lagu anak usia dini. Selasa (21/5).

Pada kesempatan tersebut Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog membuat game lagu anak usia dini. Dimana beliau bertanya dan peserta menjawab dengan menyebutkan judul lagu dan menyanyikannya.

Ketika Dirjen PAUDNI menanyakan lagu dengan tema gejala alam, peserta dengan ceria menjawab judul dan menyanyikan lagu tersebut, diantaranya “pelangi-pelangi, bintang kecil, dan hujan. Begitupun ketika beliau bertanya lagu dengan tema binatang, secara serentak peserta menjawab lagu “cik-cak di dinding, heli gonggonggong, dan burung kakaktua”.  Selanjutnya Dirjen PAUDNI memberi pertanyaan tema angka, dengan semangat peserta menjawab “satu ditambah satu, dan balonku ada lima”.

Diakhir permainan game, penyabet gelar doktor pada 1993, menyimpulkan makna dari lagu yang dinyanyikan secara bersama, diantaranya “kebersamaan, kasih sayang, gotong royong, dan mencintai lingkungan. (@dr1).