Jumat, 09 Maret 2018

Provinsi NTB Miliki Lebih dari 4.000 Lembaga PAUD

PAUDNI, MATARAM. Pengembangan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terus meningkat setiap tahun. Hingga akhir 2013, provinsi tersebut memiliki 4.041 lembaga dengan jumlah anak didik mencapai 185.403 orang.

“Angka Partisipasi Kasar (APK)PAUD kami mencapai 62 persen pada tahun 2013,” ujar Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB H. Imhal pada Temu Evaluasi Pelaksanaan Program  yang diselenggarakan BP PAUDNI Regional V Mataram, di Senggigi akhir pekan lalu.

Imhal menegaskan, provinsi NTB menempatkan PAUD sebagai salah satu prioritas program pendidikan. Pemerintah provinsi secara rutin menggelar lomba-lomba yang terkait dengan program PAUD. Pemerintah juga menargetkan setiap lembaga PAUD memiliki program unggulan masing-masing.
Namun Imhal mengakui masih menemui kendala dalam pengembangan program PAUD, yakni minimnya jumlah pendidik PAUD yang kompeten. Hingga akhir 2013, provinsi NTB memiliki guru PAUD sebanyak 11.418 orang. “Namun hanya 30 persen yang sudah sarjana. Kami mohon dukungan pemerintah pusat agar dapat memberikan beasiswa kualifikasi S1 untuk para pendidik PAUD kami,” harapnya.

Direktur Jenderal PAUDNI Lydia Freyani Hawadi menjanjikan akan memberikan kuota bagi pendidik PAUD di NTB untuk melanjutkan ke jenjang sarjana. “Ditjen PAUDNI akan memberikan beasiswa kuliah S1 bidang PAUD di Universitas Terbuka kepada pendidik PAUD di NTB,” ucap Dirjen merespon permintaan Imhal.

Namun, Dirjen juga meminta agar Pemerintah Provinsi NTB dan kabupaten/kota di provinsi tersebut turut mengucurkan dana pengembangan program PAUD dalam APBD masing-masing. Sebab anggaran dari pemerintah pusat sangat minim. “Alokasi dari APBN tidak akan cukup, harus ditopang oleh daerah,” ucapnya.

(Yohan Rubiyantoro/HK)

Sumber: Paud dan Dikmas

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia