Jumat, 09 Maret 2018

Peran Ditjen PAUDNI Dalam Konsep Hankam

Jakarta – PAUDNI. “Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI) berperan dalam Pertahanan dan Keamanan (HANKAM)”, ujar Dirjen PAUDNI Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog. Saat memberikan masukkan pada acara Dialog Kebangsaan yang diadakan lembaga pertahanan dan keamanan Nasional (Lemhamnas), Jakarta (21/5).

Menurut Dirjen, sebagai salah satu komponen bela negara nirmiliter. Ditjen PAUDNI berperan sebagai pondasi pembentukkan karakter bangsa terutama pada anak usia dini, karena sungguh disayangkan jika sejak usia dini anak diajarkan pola pendidikan asing.

Jika itu terjadi menurut Dirjen, akan menyebabkan lunturnya rasa cinta tanah air dan nasionalisme masyarakat kedepan. Oleh sebab itu Dirjen mengajak seluruh Instansi pemerintah agar membuat Norma Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) terkait Hankamnas dan wawasan kebangsaan dalam program kerjanya.

Dihadiri perwakilan kompenen masyarakat meliputi, anggota DPR, Birokrat, TNI, Polri, Ormas, Orsospol, akademisi dan tokoh masyarakat. Dialog Kebangsaan ini merupakan rangkaian kegiatan Dialog Kebangsaan Pimpinan Tingkat Nasional Tahun 2014, yang sebelumnya dibuka pada Jumat (9/5), oleh Gubernur Lemhannas RI, Prof. Dr. Budi Susilo Soepandji D.E.A. (M.Husnul Farizi S.IP/HK)

Sumber: Paud dan Dikmas

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia