Selasa, 06 Februari 2018

Pengembangan Karir PNS Melalui Diklat Teknis Protokol dan Mc

BANDUNG. PAUDNI “Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Protokol dan MC upaya meningkatan kemampuan profesionalisme SDM Ditjen PAUDNI dibidang peyelenggaraan acara”, tegas Dirjen PAUDNI. Hal tersebut disampaikan pada acara Diklat Protokol dam MC di lingkungan Direktorat Jenderal PAUDNI tanggal 15 April 2014, yang berlangsung di Hotel Grand Serela, Jl Hegarmanah No. 9-15 Setiabudi Bandung.

Protokol merupakan kunci dasar pelaksanaan berbagai kegiatan seremonial, juga merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari setiap aktifitas pelaksanaan fungsi-fungsi pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Mengingat sangat luasnya cakupan aktifitas yang diemban, maka protokol dituntut memiliki kemampuan untuk membangun komunikasi dan kerja sama yang baik, demi suksesnya suatu acara. Untuk itu Dirjen PAUDNI menyambut baik atas dilaksanakannya Diklat Protokol dan MC tersebut.

Dengan dikeluarkannya Undang-undang No. 9 Tahun 2010, yang merupakan Paradigma Baru Dalam Keprotokolan di Indonesia, khususnya berkenaan dengan bagaimana penggunaan Bendera, Bahasa, Lambang Negara, dan Lagu Kebanggsaan Indonesia Raya, Tata Tempat, Tata Upacara, dan Tata Penghormatan, yang sangat perlu diketahui khususnya oleh para staf yang bertugas di bidang humas dan penyelenggara acara-acara resmi.

“Diklat tersebut dapat meningkatkan kompetensi SDM aparatur yang meliputi pengetahuan, (knowledge), Keterampilan (skill), dan perilaku (attitude)”, ungkap Dirjen. Untuk mencapai persyaratan kompetensi teknis yang diperlukan dalam jabatan serta pengembangan karir PNS agar sejalan dengan perkembangan organisasi. Untuk mencapai kinerja tinggi dalam melayani masyarakat dan selalu bertindak efisien, rasional, transfaran dan akuntabel. Sehingga mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara professional.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dirjen PAUDNI meminta kepada seluruh peserta, agar mengikuti Diklat tersebut dengan sungguh-sungguh dan disiplin yang tinggi, supaya hasilnya dapat memuaskan dan membanggakan semua pihak. Sebab kemampuan dalam bidang keprotokolan dan MC ini, bukan hanya berguna bagi diri sendiri, akan tetapi juga berguna bagi aktivitas kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.

Diklat ini dilaksanakan selama 4 hari, tanggal 14-17 April 2014, dengan pemateri/narasumber dari Cerdas Training Centre bersama praktisi TVRI. Diiuti oleh 31 orang peserta dari seluruh unit kerja di lingkungan Diretorat Jenderal PAUDNI. Mereka adalah para sekretaris pimpinan dan PNS yang diberi tugas atau yang biasa menangani keprotokolan dan MC.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia