Senin, 08 Januari 2018

Dirjen Kunjungi Lembaga PAUDNI di Medan

MEDAN, PAUDNI – Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal (Dirjen PAUDNI) Lydia Freyani Hawadi bersama Bunda PAUD Sumatra Utara Hj. Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho, melakukan kunjungan kerja ke Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Medan. Selain itu, mereka juga mengunjungi Taman Kanak – Kanak (TK) Negeri Pembina 1 Medan, TK Cambridge Kota Binjai, Pendidikan Luar Sekolah (PLS) LASARA, dan PKBM Teladan serta PAUD Al Washliyah, Kamis (13/2).

Kunjungan pertama adalah SKB Medan, di SKB ini terdapat PAUD, TBM, Kursus Menjahit/ Bordir,  dan kegiatan keterampilan lainnya. Di SKB ini Dirjen PAUDNI berserta Bunda PAUD melihat – lihat isi SKB Medan ini, terlihat ada atap yang rusak di area PAUD, “Tolong berikan bantuan fisik perbaikan gedung dan APE (Alat Permainan Edukatif),” ujar Reni menginstruksikan kepada Irwan Safii, Kepala Balai Pengembangan PAUDNI Regional I Medan.

Berikutnya Dirjen PAUDNI berkunjung ke TK Negeri Pembina 1 Medan, PAUD ini sudah cukup bagus akan tetapi perlunya peningkatan Kualifikasi untuk Guru PAUD, “Bantuan kualifikasi untuk Guru PAUD TK Negeri Pembina 1 Medan perlu di perhatikan,” tambah Reni (panggilan akrab Dirjen PAUDNI).

Setelah dari TK Negeri Pembina 1 Medan, Dirjen PAUDNI berserta Bunda PAUD mengunjungi TK Cambridge yang disebut PAUD Percontohan. “Guru PAUD diharuskan berpendidikan S1 (Sarjana Muda),” ujar Reni. Ia berharap agar Kepala Bidang Pendidikan Provinsi Sumatra Utara M.Z. Siregar menyelenggarakan Diklat (Pendidikan dan Latihan) Dasar untuk Guru PAUD.

Selanjutnya kunjungan ke Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang diselenggarakan di PLS LASARA, kunjungan kali ini membuat Dirjen PAUDNI sedikit kecewa, karena peserta didiknya yang tidak tepat sasaran. “ Ibu umurnya brp?, wah ibu masih muda ya,” tanya dan komentar Reni. “kamu lulusan SMP atau SMU?,” tanya Reni lagi ke salah satu murid di PLS LASARA, “Saya sudah lulus Kuliah,” jawab murid di PLS LASARA. Padahal, sasaran Peserta didik adalah Anak – anak yang putus sekolah dan Masyarakat yang tidak mampu.

Terakhir kunjungan ke PKBM Teladan serta PAUD Al Washliyah. Dirjen PAUDNI memberi pengarahan kepada Murid di PKBM Teladan, “Kalian harus Optimis untuk mencapai cita – cita dan kalian yang lulus di Paket C bisa melanjutkan ke Perguruan Tinggi,” ujar Reni. Pada PAUD Al Washliyah, Dirjen PAUDNI menginstruksikan kepada Irwan Safii untuk memberikan bantuan berupa APE (Alat Permainan Edukatif).

Kunjungan ini dihadiri oleh Dirjen PAUDNI Prof. Dr. Lydia Freyani, Hawadi, Psikolog, Ibu Gubernur Sumatra Utara Hj. Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho (Bunda PAUD Sumatra Utara), Kepala Bidang Pendidikan Provinsi Sumatra Utara M.Z. Siregar, Kepala Balai Pengembangan PAUDNI Regional I Medan Irwan Safii. (Gunawan Prasetyo/HK)

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia