Sabtu, 23 Desember 2017

Dirjen PAUDNI, Kemdikbud Berikan Bantuan Rintisan PAUD Untuk Desa Laerung, Wajo.

WAJO. Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) HR.  Agung Laksono mencanangkan program Nasional Terpadu Gerakan Pembangunan Kampung (Gerbang Kampung) di Desa Laerung Kecamatan Majauleng, Minggu (29/9/2013).

Hal ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Menko Kesra yang didampingi Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru, Dirjen PAUDNI, Kemdikbud dan juga Deputi V Kemenkokesra. Dalam kunjungan kali ini Menko Kesra menyerahkan bantuan dari beberapa Kementerian Republik Indonesia yang diterima oleh Bupati Wajo A Burhanuddin Unru.

Total proyek dan kegiatan yang masuk di Kabupaten Wajo dalam program nasional terpadu Gerbang Kampung ini berkisar Rp 15 miliar, termasuk dalam bentuk sarana dan prasarana, infrastruktur dan kegiatan yang dilakukan di desa untuk kepentingan masyarakat desa.

Bantuan Rintisan PAUD
Dalam kunjungannya ke Wajo, selain untuk menghadiri peresmian pilot project Pandu Gerbang Kampung, Direktur Jenderal PAUDNI Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog, juga menyempatkan diri mengunjungi lembaga PAUD yang tidak jauh dari lokasi Puncak Gerbang Kampung.

Dirjen PAUDNI didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Drs. Jasman Juanda, M.Si dan juga Kepala Balai Pengembangan PAUDNI Regional III Makassar Dr. Muhammad Hasbi mengunjungi lembaga Paud Tunas Dualimpoe, desa Laerung. Di lembaga Paud, Dirjen PAUDNI  berdialog sesaat dengan pengelola Paud.

Untuk kabupaten Wajo, Ditjen PAUDNI menyalurkan bantuan sebesar Rp 2,84 miliar. Sebanyak 1,80 miliar dari jumlah tersebut diberikan untuk penyediaan dan peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan PAUDNI. Bentuknya berupa tunjangan profesi guru TK sebesar Rp 1,51 miliar, dan tunjangan fungsional untuk 474 guru TK serta insentif tenaga pendidik PAUD di Wajo, senilai Rp 372 juta.

Pada kesempatan ini Dirjen PAUDNI memberikan tambahan bantuan Rintisan PAUD senilai 45 juta. “Bantuan rintisan ini harus segera di akses dengan mengajukan proposal,” terang Dirjen. Ia menambahkan, bantuan yang diberikan bertujuan untuk mengembangkan lembaga paud Tunas Dualimpoe didesa Laerung (Teguh Susanto/HK).

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia