Kamis, 03 Maret 2022

Disiplin, Tegas, Detail, dan Terbuka Untuk masukan

Oleh: Ruben Tim Hardian, M.Psi. Psikolog | Eks Ketua Tim Sukses Pemenangan Himpsi Jaya 


Suatu hal yang baru bagi saya untuk menulis suatu tulisan dalam suatu blog (karena tidak terbiasa tulis menulis he..he..he..) 😊 Suatu hal baru tidak akan bisa terjadi kalo tidak dicoba..betul tidak…Baiklah saya coba menuliskan cerita singkat terkait senior psikolog saya yaitu Mbak Reni Hawadi..Bismillah…

Saya sejujurnya sudah mengenal lama Nama “RENI AKBAR-HAWADI” itu sebagai nama Biro Konsultasi Psikologi..ya sekitar tahun 2004 an gegara pernah diajak ikut “ngasong” oleh rekan-rekan senior Psikologi UI (walau saya alumni Psi YAI 😊) tapiii belum pernah satu kali pun ketemu sama empunya Biro yang infonya salah senior Psikolog terbaik dalam dunia pendidikan (nasib oh nasib sebagai anak junior kali yaa). Selang waktu berjalan sejak tahun 2004 an tersebut saya gak pernah lagi terlibat dalam kegiatan ngasong mengasong terutama di Biro Reni Akbar-Hawadi  (karena sudah kerja kantoran sejak tahun 2007) dan seakan leyap dalam ingatan seiring waktu berjalan tahun ke tahun.

Nah..sampai suatu moment yang gak disangka-sangka, akhirnya saya mengenal kembali nama mbak Reni Akbar-Hawadi, bahkan bukan mengenal tetapi menjadi lebih dekat dan akrab (mudah2an gak dianggap SKSD – Sok Kenal Sok Dekat- ya Mbakku).

Cekitdot..Awal cerita yaitu pada Tahun 2020 saya mendapatkan mandat dan amanah menjadi Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Musyawarah Wilayah (Muswil) HIMPSI DKI Jakarta Raya (Muswil Himpsi Jaya) yang tupoksi (tugas pokok fungsi) seperti tertuang dalam  AD/ART Himpsi. Singkat cerita saya selaku Ketua Panpel Muswil akhirnya sampai pada satu tahapan dari beberapa tahapan yang disusun, yaitu saya harus mencari figur Calon Ketua Wilayah DKI Jakarta-  HIMPSI Jaya sebagai bentuk pesta demokrasi. Figur ini akan menjadi pesaing posisi petahana yang berencana akan maju kembali dalam ajang  pemilihan. Prinsip saya sebagai Ketua Muswil (yang mana ini penunjukkan ketiga kali sebagai Ketua Panpel  Muswil berturut-turut) dalam pelaksanaan Muswil harus menjadi cermin representatif “Pesta Demokrasi” bagi  anggota Psikologi Himpsi Jaya.

Mudahkah dapat figure yang dimaksud? Kan senior-senior Psikologi di Jakarta banyak.. Pasti banyak lah…tapi alangkah susahnya karena pada umumnya mereka menolak dengan berbagai alasan. Sementara hari berjalan terus mendekati dateline  batas pengumpulan  berkas, saya sampai frustasi karena H-4 tenggat waktu posisi calon masih Mas Widura sang  incumbent.  Untungnya tidak lama di siang hari saat saya memikirkan siapa yang harus saya kontak untuk ikut meramaikan pesta demokrasi Himpsi Jaya, salah satu Pengurus Himpsi Jaya aktif menginformasikan via telephone ada psikolog senior UI yang berminat dan berkualifikasi..wah siapa ya ?? (saya bergumam dalam hati).

Akhirnya saya mengetahui siapa yang dimaksud berminat, saya ketahui namanya dari form pendaftaran..wah ngerriii lihat profilnya…namanya beliau “Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, M.Si, M.M, Psikolog” sebagai Guru Besar UI dengan segudang pengalaman berorganisasi..jujur..awalnya saya tidak tahu dan kenal siapa beliau..namun setelah beberapa kali berkomunikasi (karena kebutuhan kelengkapan berkas-berkas pendaftaran) akhirnya saya tahu beliau yang dimana dikenal dengan sebutan nama “Reni Akbar-Hawadi” (OMG setelah 17 tahun berlalu saya akhirnya bertemu sama si Empunya kantor konsultan psikologi terkenal tersebut). Dalam perbincangan bersama beliau saya akhirnya mengetahui hal-hal apa yang membuat beliau berminat dan berkeinginan maju sebagai Calon Ketua Himpsi Jaya periode mendatang. Mbak Reni menyebutkan bahwa beliau terpanggil karena prihatin sekali melihat kondisi Himpsi Jaya (rupanya sesaat di approach untuk maju jadi calon Ketua Himpsi Jaya, mbak Reni langsung cari tahu apa yang membuat tidak satu pun yang maju untuk mencalonkan diri dari beberapa orang yang dikenalnya sangat dekat).

Dalam perjalanan pendaftaran tidak sedikit bahkan cukup banyak senior-senior Psikologi yang menyampaikan kepada saya kalo Mbak Reni Hawadi  itu “Killer”, “Kaku”, “Agamais”, dan lain-lain bahkan sampai juga ke telinga ada black campaign yang mendeskreditkan dengan beberapa statement.  Saya merasa tidak menjadi masalah karena itulah proses demokrasi yang menjadi bagian proses  kedewasaan dalam pemilihan nanti. Setiap calon kandidat pasti ada kelebihan dan kekurangan, pasti ada yang suka dan ada yang tidak suka..normatiflah..show must go on. Disini saya melihat Mbak Reni Hawadi sebagai seorang sosok yang tangguh bisa melewati berbagai bentuk hantaman..terjangan  dalam kampanye hitam yang dihembuskan. Mbak Reni bisa tetap fokus mempersiapkan dirinya sebaik mungkin bahkan menurut saya sangat serius sekali untuk merancang kegiatan kampanyenya.

Saya merasakan proses persiapan pelaksanaan Calon Ketua Wilayah DKI Jakarta- HIMPSI Jaya Periode 2021-2026 penuh jalan berliku dan berkerikil tajam.  Di hari penutupan pendaftaran bakal calon untuk melengkapi persyaratannya, jadi sudah hampir diujung pelaksanaan Muswil, tiba-tiba karena satu dua hal akhirnya saya harus berkata “Give Up”. Saya memilih mengundurkan diri dan menyerahkan kembali  mandat sebagai Ketua Panpel kepada Ketua Himpsi Jaya. Hal tersebut juga saya sampaikan kepada Mbak Reni Hawadi sebagai salah satu calon kandidat bahwa saya mengundurkan diri namun tanpa menyebutkan alasan sebenarnya. Mbak Reni di ujung telpon terlihat sangat terkejut dan langsung bertanya “ada apa ben koq kamu sampai mengundurkan diri? Saya tidak bisa menjelaskan. Rupanya pertanyaan itu tes…karena  mbak Reni sudah tahu bahkan bisa menganalisis apa-apa yang terjadi di tubuh Himpsi Jaya. Mbak Reni punya data dan  informasi yang cukup  akurat tentang apa dan bagaimana Himpsi Jaya selama ini dijalankan. Keprihatinan ini yang membuat mbak Reni  terus maju. 

Setelah mengundurkan diri dari Ketua Panpel Muswil Jaya, saya benar-benar tidak berkomunikasi dengan dua  bakan calon  selama satu minggu karena saya mau menenangkan diri sejenak dari kepenatan fisik mental selama masa-masa persiapan. Pas satu minggu saya ber”henti” dari dinamika Muswil, ternyata Mbak Reni Hawadi menelpon menanyakan kabar saya..”Haii Ben..Apa kabar”…saya jawab kabar baik Mbak..kemudian Mbak Reni Hawadi bertanya “Ben..gimana udah seminggu berehat..mau bantu saya enggak” eits bingung saya…”bantu apa Mbak”..dijawab dengan santai mbak Reni Hawadi “Bantu saya jadi Ketua Pemenangan Pemilihan Ketua Himpsi Jaya”…Saya balik bertanya “loh kok saya Mbak, kan masih banyak senior-senior lain? Akhirnya mbak Reni bilang “ Kamu orang yang sangat tepat dan cocok saat ini, Ben” seraya  menyampaikan beberapa Misi, Visi dan Rencana Program Kerja, yang mana saya ingat ada beberapa poin penting yaitu :

1.   Kepemimpinan HIMPSI Jaya periode 2021-2026 menjadi masa transisi kepemimpinan ke generasi muda. Generasi baby boomers harus dikurangi jumlah dan perannya di Himpsi Jaya. Mulai melakukan kaderisasi, mengajak dan mempercayakan  generasi milenial untuk menduduki posisi strategis di organisasi.

2.   Kepengurusan akan diisi dengan melihat keterwakilan dari alumni-alumni Fakultas Psikologi dari Perguruan-Perguruan Tinggi yang ada di Jakarta. Dan meningkatkan  peran aktif dari asosiasi/ikatan peminatan psikologi.

3.   Melakukan terus menerus sosialisasi tentang HIMPSI Jaya pada alumni perguruan tinggi agar bisa menjaring kader-kader  organisasi terbaik kedepannya, sehingga tidak terjadi stagnasi.

Saya menyimak paparan  Misi, Visi dan Program Kerja yang khusus dipaparkan Mbak Reni Hawadi via zoom, setelah selesai saya menjawab “Ehmm..kasih waktu ya Mbak untuk berpikir” (walau bingung karena ada beberapa info dari senior yang kurang baik)..namun setelah beberapa hari saya memberikan jawaban setelah ditanya kembali…”Siap Mbak Reni..Saya siap membantu dengan mengucap Bismillahirohmanirohim…”

Inilah  kerjasama perdana atau pertama kali saya dengan Mbak Reni Hawadi, tidak ditutup mata ada beberapa hal yang harus saya sesuaikan dengan gaya beliau yang  serba cepat, grabak grubuk, siap sana, siap sini, kirim ini kirim itu dll merupakan menjadi bagian dari kesehari-harian saya dengan tim sukses Mbak Reni..Kita semua menikmati karena Mbak Reni Hawadi membawa tim ini menjadi bagian dari “Keluarga” bukan “atasan-bawahan”, yang terkadang dalam kegiatan tersebut diisi dengan canda dan tawa, baik saat online meeting berlangsung atau di dalam WhatsApp Group (Wag). Dari proses menjadi Tim Sukses itu semua ada yang saya paling suka, yang bisa menjadi nilai pembelajaran bagi saya selama berkerjasama,  yaitu Mbak Reni :

1.   Pribadi yang Disiplin Waktu (ternyata anak kolong-anak tentara…sama-sama anak FKPPI)

2.   Pribadi Tegas, Detail dan Cerdas (Ya iyalah kan sudah mencapai jenjang Guru Besar UI dan menjadi Ketua Dewan Guru Besar UI )

3.   Pribadi yang terstruktur, terorganisir dan terencana/sistematis (mau semua direncanakan dengan matang dan terstruktur dengan baik)

4.   Pribadi Terbuka akan masukan (tetapi dengan alasan yang rasional, yang irasional pasti langsung take out he..he.he)

Perencanaan materi kampanye disusun dengan baik dan matang, tim dibentuk dengan kumpulan anak-anak muda lintas Universitas ( Al Azhar, UI, YAI,Pancasila, Atmajaya, Tarumanegara, UIN, dll), koordinasi masa/dukungan cukup rapi dan via online (maklum zaman Covid-19) namun kehendak Tuhan berkata lain..”Mbak Reni kalah suara dari petahana tetapi suatu rekor bisa mendapatkan perolehan suara dua digit “(amazing – dimana muswil sebelum-sebelumnya yang kalah, suaranya selalu dibawah dua digit).

Memang waktu bekerjasama dengan mbak Reni  tidaklah terlalu lama (sekitar delapan minggu) tetapi pembelajaran tersebut sangatlah berarti dan mengena pada diri saya…”Thanks ya Mbak Reni Hawadi udah mau menjadi mentor gratis buat saya, kalaupun harus bayar berapalah harus dikeluarkan untuk dimentor dengan sekaliber Dewan Guru Besar UI qiqiqi.(kapan-kapan saya minta sertifikat nya ya Mbak 😊)

Oh ya..saya buat tulisan ini di awal maret…dibulan Maret ini ada tanggal istimewa buat Mbakku Reni Hawadi tanggalan cantik di tanggal 22 Maret..dibuka dengan Pantun

….”Bunga Anggrek berwarna-warni, Anggrek Putih menghiasi taman berseri, selamat Ulang Tahun Mbakku Reni, Hidup Bahagia dalam Alunan Symphoni Psikologi”…

Semoga Selalu diberikan Kesehatan, Kebahagiaan dan Keikhlasan Lahir Bathin untuk Mensiarkan dan Menjaga Marwah Ilmu Psikologi.. Aamiin Yaa Robbalallamin..

***

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia