Selasa, 17 Agustus 2021

Tadabbur Al-Qur'an


Apakah anda sudah meregulasi diri untuk membaca Al-Qur'an setiap harinya? Alhamdulillah..

Namun itu belum cukup! Membaca Al-Qur'an bagus namun itu tahap awal dalam mengenali Al-Qur'an sebagai semulia-mulia kitab yang Allah turunkan bagi manusia.
Menjadi lebih bagus lagi jika anda naik ke tahapan setelah membaca Al-Qur'an yaitu meresapi makna, kandungan dari ayat-ayatnya.
Sayang sekali melewati yang terpenting dalam Al-Qur'an, ada banyak hal dan berbagai macam tuntunan untuk hidup yang baik dan benar dapat kita resapi sebagai petunjuk kehidupan dunia akherat. Simaklah yang disampaikan Ibnu Qayyim _rahimullah_:
"Memahami Al-Qur'an dan merenungkannya akan membuahkan iman. Adapun jika Al-Qur'an cuma sekedar dibaca tanpa ada pemahaman dan perenungan (tadabbur), itu bisa pula dilakukan oleh orang fajir (ahli maksiat) dan munafik, disamping dilakukan oleh pelaku kebaikan dan orang beriman."
*(Zaad Al-Ma'ad,1:327).*
Apa itu tadabur? Al-Alusi dalam tafsirnya Ruhal-Ma'ani menjelaskan, pada dasarnya tadabur berarti memikirkan secara mendalam kesudahan sesuatu urusan dan akibat-akibat yang ditimbulkannya.
Insya Allah dengan merenungkan, memikirkan apa yang terkandung dalam bacaan A'Qur'an kita akan memperoleh manfaat bagi kehidupan kita di dunia dan akherat. Kita akan mendapatkan berkah dan kebaikan Al-Qur'an. Allah berfirman:
"Kitab (Al-Qur'an) yang Kami turunkan kepadamu penuh berkah agar mereka menghayati ayat-ayatnya dan agar orang-orang yang berakal sehat mendapat pelajaran.
*QS. Sad(38):29.*
Setelah membaca Al-Qur'an seseorang akan sampai pada taraf memahami makna yang ada di dalamnya. Berikut firman Allah untuk kita bertadabur:
"Maka tidakkah mereka menghayati (mendalami) Al-Qur'an ? Sekiranya (Al-Qur'an) itu bukan dari Allah, pastilah mereka menemukan banyak hal yang bertentangan di dalamnya.
*QS. An-Nisa' (4):82*
"Maka tidakkah mereka menghayati Al-Qur'an, ataukah hati mereka sudah terkunci?"
*QS. Muhammad (47):24.*
Semoga ayat-ayat diatas memotivasi kita untuk terus membaca Al-Qur'an rutin berikut dengan terjemahan dan sekaligus memaknai kandungannya.
Semoga dengan mempraktekan tadabur Al-Qur'an kehidupan manusia yang baik dan benar serta berkah dapat. terwujud. Aamiin yaa Allah..
Salam sehat.
23 Zulkaidah 1442H/04.07.2021.
lfh/LFH.
Youtube prof reni akbar hawadi

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia