Selasa, 17 Agustus 2021

Hati yang bersih

Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Ingatlah sesungguhnya di dalam tubuh kalian terdapat segumpal daging; bila ia baik, maka akan baik seluruh badannya. Namun bila ia rusak, akan rusak pula semua tubuhnya. Ingatlah itu adalah hati.
*(Muttafaq'alaih)*
Allah Azza wa Jalla berfirman:
(yaitu) pada hari (ketika) harta dan anak-anak tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih
*QS.Asy-Syu'ara (26):88-89.*
Bagaimana agar memiliki hati yang bersih? Hati yang bersih adalah hati yang selalu takut akan hal-hal yang bisa menjauhkan dirinya dari Allah Azza wa Jalla.
Hati yang bersih adalah hati yang tenteram karena selalu menyibukkan diri dengan mengingat Allah Azza wa Jalla.
(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.
*QS. Ar-Rad (13):28.*
Hati yang bersih adalah hati yang sadar akan tujuan dirinya di bumi ini. Dan bertambah keimanan dan ketakwaannya kala membaca ayat-ayat Al-Qur'an.
Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetar hatinya dan apabila dibacakan ayat-ayatNya kepada mereka, bertambah (kuat) imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal.
*QS. Al-Anfal (8):2.*
Obat mujarab untuk menjaga hati yang bersih adalah dengan membaca Al-Qur'an, mentadabbur dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur'an) dari Tuganmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada, dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.
*QS. Yunus (10):57.*
Semoga ayat-ayat diatas memotivasi kita untuk terus menjaga hati senantiasa dalam kondisi bersih dan menjauhkan diri dari berbagai keburukan dan kerusakan
Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau yang Maha Pemberi.
*QS. Ali'Imran (3):8.*
Wahai Dzat Yang membolak-balikan hati! Arahkanlah hati kami diatas ketaatan.
Salam sehat.
24 Zulkaidah 1442H/05.07.2021.
lfh/LFH.
Youtube prof reni akbar hawadi

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia