Selasa, 17 Agustus 2021

Hasad

Kata lain dari hasad, dengki yang lebih sering dipakai adalah iri hati.Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iri hati diartikan kurang senang melihat kelebihan orang lain (beruntung dan sebagainya). Sedangkan penjabaran yang lebih luas bisa kita baca dari Wikipedia yang menyebutkan iri hati sebagai suatu emosi yang timbul ketika seseorang yang tidak memiliki keunggulan - baik prestasi, keluasaan atau lainnya- menginginkan yang tidak dimilikinya itu, atau mengharapkan orang lain yang memilikinya agar kehilangannya.

Jadi hasad, dengki atau iri juga sering digunakan kata lain yakni cemburu adalah satu penyakit hati dimana kita berharap agar orang lain tidak merasakan kebahagiaan.
Mereka yang memiliki jenis penyakit hati ini -yang berharap orang lain tidak merasa bahagia- justru membuat dirinya sendiri menjadi tidak bahagia.
Abu Hurairah ra berkata bahwa Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa sallam bersabda:
"Jauhilah hasad (dengki), karena hasad dapat memakan kebaikan seperti api memakan kayu bakar"
*(HR Abu Dawud)*
Hadist lain yang diriwayatkan oleh Iman an-Nasa'i dari sahabat Abi Hurairah ra tentang bahaya hasad, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:
"Tidak akan berkumpul di hati seorang hamba, keimanan dan rasa dengki"
*(HR. an-Nasa'i)*
Untuk memahami hasad, cari dan bacalah ayat-ayat Al-Qur'an yang menyebutkan kata hasad yaitu Al-Baqarah ayat 108-110, Al-Falaq ayat1-5, Al-Fath ayat 15-16, An-Nisa' ayat 51-55.
Bagaimana menawarkan sifat hasad? Kita mengembalikan segala sesuatunya pada Allah SWT. Bahwa hanya dengan memohon karuniaNya dan hanya atas kehendakNya segala yang kita usahakan terwujud.
" Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. (Karena) bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi para perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karuniaNya. Sungguh, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu."
*QS. An-Nisa'(4): 32.*
Semoga ayat-ayat diatas menjadi pembelajaran bagi diri kita untuk terus menjaga hati senantiasa dalam kondisi bersih dan menjauhkan diri tidak dengki, tidak iri dan tidak hasad. Dan terus berupaya untuk meraih ridha dan karuniaNya.
Wahai Dzat Yang membolak-balikan hati! Jadikan kami orang yang bertakwa dan bersih.
Salam sehat.
25 Zulkaidah 1442H/06.07.2021.
lfh/LFH.
Youtube prof reni akbar hawadi

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia