Selasa, 17 Agustus 2021

Musibah

Al Qur'an dan Sunnah Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam harus menjadi pegangan pengetahuan kita, agar dalam kehidupan kita selamat dan bahagia, baik di dunia maupun di akhirat.

Al Quran menjadi referensi kita memahami fenonema yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari sebagai bagian dari keimanan kita.
Salah satu kata yang sering diungkap Al Quran adalah musibah. Ini menunjuk bahwa kata musibah memiliki nilai yang penting bagi manusia.
Musibah berasal dari kata bahasa Arab _ashaba_ yang berarti mengenai, menimpa, atau membinasakan.
Sedangkan dalam KBBI, arti kata musibah adalah kejadian (peristiwa) menyedihkan yang menimpa. Arti lainnya dari musibah adalah malapetaka.
Musibah adalah bentuk ujian dan teguran dari Allah SWT, berupa hal baik maupun buruk, seperti berarti suatu hikmah, azab, maupun teguran atau peringatan.
Demikianlah, kita diyakini bahwa musibah dalam pengertian ujian, tidak hanya berupa penderitaan saja, tetapi bisa berupa kebaikan. Firman Allah:
_"Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada kami."_
*QS. Al-Anbiya' (21):35.*
Ujian Allah SWT baik berupa keburukan maupun kebaikan, terjadi atas kehendak dan kekuasaanNya, hendaklah memberi kita motivasi untuk menguatkan iman, dan meningkatkan keimanan kita.
_"yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah,mereka berkata "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un._"
*QS.Al Baqarah (2):156.*
_"Tidak ada suatu musibah yang menimpa (seseorang), kecuali dengan izin Allah; dan barangsiapa beriman kepada Allah,niscaya Allah akan memberi petunjuk kepada hatinya*_
*QS. At-Tagabun(64):11*
_"Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam Kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami mewujudkannya. Sungguh yang demikian itu mudah bagi Allah."_
*QS.Surat Al-Hadid (57):22*
Aisyah RA berkata, _Rasulullah bersabda, "Tidak ada satupun musibah (cobaan) yang menimpa seorang Muslim, melainkan dosanya dihapus Allah Ta'Ala karenanya,sekalipun musibah itu hanya tertusuk duri"_
Dalam hadist lain.Dari Abu Amamah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Nabi Muhammad SAW bersabda" Allah SWT berfirman:
_"Hai Anak Adam, jika kamu bersabar dan ikhlas saat tertimpa musibah, maka Aku tidak akan meridhoi bagimu kecuali sebuah pahala kecuali surga"_
*HR Ibnu Majah*
Demikianlah, kita sangat meyakini sekali lagi bahwa tiada sesuatupun yang terjadi di alam ini tanpa kehendak dan kekuasaan Allah SWT.
Kita sangat meyakini bahwa siapa yang beriman kepada Allah SWT harus rela akan segala putusanNya baik _qada_ maupun _takdir_ Nya.
Kita sangat meyakini bahwa musibah yang diberikan Allah SWT kepada kita memberi kebaikan pada kita.
Semoga ayat-ayat Al Qur'an dan Hadist menjadi penguat diri kita untuk terus berjalan ke arah sesuai petunjukNya agar memperoleh keselamatan dunia akhirat.
Selamat menjalankan Sunnah Dhuha. Salam sehat.
20 Zulhijah 1442H/30.07.2021.
lfh/LFH.
Youtube prof reni akbar hawadi
_Diadaptasi dan disadur secara bebas dari berbagai sumber_.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia