Sabtu, 26 Juni 2021

Tunaikan Amanah!


Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. 

Tunjukilah kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan jalan mereka yang dimurkai, dan bukan pula jalan mereka yang sesat.

Tunaikan Amanah!

Salah satu kata yang menyertakan ucapan selamat untuk menunaikan tugas bagi seseorang, misalnya memperoleh jabatan atau tugas baru dalam kehidupannya adalah amanah.

Hal ini menunjukkan pentingnya kata amanah. Amanah merupakan sifat mulia,  yang membuat kita sebagai umat Muslimin harus saling mengingatkan satu sama lain.

Allah Subhanahu wa Ta'ala dan Rasul-Nya  Shallallahu'alaihi wa sallam telah memerintahkan setiap muslim untuk menunaikan amanah.

Apakah amanah? Amanah adalah tanggung jawab yang dipikulkan kepada manusia dengan dibekali akal agar menjadi hamba yang mentauhidkan Allah. Ta'at kepadaNya dengan melaksanakan kewajiban dan meninggalkan larangan, berbuat adil, mengerjakan kewajiban seperti shalat, puasa, dam ibadah lainnya.

Sifat amanah adalah salah satu sifat Rasulullah saw yang paling menonjol.Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan umatnya  agar menjalankan amanah:

"Tunaikanlah amanah kepada orang yang mempercayaimu dan jangan engkau mengkhianati orang yang mengkhianati mu!"

(Hadist Abu Daud Nomor 3068).

Perintah di dalam hadist diatas ini menunjukan wajibnya hal tersebut. Sehingga Imam adz Dzahabi rahimahullah telah mengkategorikan perbuatan khianat ke dalam perbuatan dosa besar.

"Khianat sangat buruk dalam segala hal, sebagiannya lebih buruk dari sebagian yang lainnya. Tidaklah orang yang mengkhianatimu dengan sedikit uang, seperti orang yang mengkhianatimu pada keluarganya, hartamu, dan iapun melakukan dosa-dosa besar (lainnya)."

Pentingnya amanah ditekankan oleh Nabi shallallahu'alaihi wa sallam, di dalam satu dialog tentang kiamat. Diakhir pembicaraannya, disabdakan:

"Mana orang yang bertanya tentang hari kiamat tadi?"

Orang itu berkata: _" saya wahai Rasulullah!

Maka Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam  bersabda:

"Apabila sudah hilang amanah maka tunggulah terjadinya kiamat."

Orang itu bertanya: "Bagaimana hilangnya amanat itu?"

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab:

"Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka akan tunggulah terjadinya kiamat"

(Hadist Bukhari Nomor 57).

Amanah dan menepati janji merupakan salah satu sifat orang beriman:

"Tidaklah Nabiyullah shallallahu 'alaihi wa sallam berkhutbah kepada kami, melainkan beliau bersabda: " Tidak ada iman bagi orang yang tidak memiliki sifat amanah, dan tidak ada agama bagi orang yang tidak menepati janjinya.

(As Silsilah as Shahihah)

Lawan dari amanah adalah berkhianat. Dan berkhianat merupakan salah satu tanda orang munafik.

"Tanda-tanda orang munafik ada tiga: apabila dia berbicara niscaya dia berbohong, apabila dia berjanji niscaya mengingkari, dan apabila dia dipercaya niscaya dia berkhianat."

(Hadist Muslim Nomor 89).

Selamat menunaikan sholat sunnah Dhuha. Salam sehat.

21 Syawal 1442H/02.06.2021.

lfh/LFH.


Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia