Sabtu, 26 Juni 2021

Rahmatan lil'alamin


Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. 

Tunjukilah kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan jalan mereka yang dimurkai, dan bukan pula jalan mereka yang sesat.

Rahmatan lil'alamin

Islam merupakan agama  rahmatan lil 'alamin, yaitu agama yang merupakan bentuk rahmat dan kasih sayang Allah SWT kepada seluruh alam semesta. Rahmat tersebut merupakan milik Allah SWT dan diturunkan melalui Islam.

Bahwa rahmat tersebut tidak hanya ditujukan kepada umat Islam, melainkan bagi semesta alam. Di dalamnya menjunjung tinggi hak-hak manusia, menjaga hak binatang dan tumbuh-tumbuhan.

Bahwa Islam adalah agama Rahmatan lil'alamin adalah kesimpulan yang diambil dari firman Allah :

Wama arsalnaka ila rahmatan lil 'alamin

Dan kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam.

QS: Al-Anbiya (21):107.

Melalui ayat ini kita memahami bahwa diutusnya Nabi Muhammad saw adalah bentuk kasih sayang Allah kepada seluruh manusia dan alam semesta termasuk hewan dan tumbuhan, atau dengan kata lain Allah memberikan rahmat bagi seluruh makhlukNya.

Nabi Muhammad saw diutus Allah SWT untuk menyelamatkan manusia dan makhlukNya agar dapat hidup harmonis, mengikuti kaidah, norma, peraturan dan hukum-hukumNya sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur'an. 

Al-Qur'an dan as-Sunnah kemudian menjadi sumber bagi kita kaum Muslim untuk berperilaku, berakhlak baik secara total dalam kehidupan sehari-hari yang kemaslahatannya dirasakan oleh semua umat manusia, dan Islam benar-benar merupakan rahmatan lil'alamin.

Selamat menunaikan sholat sunnah Dhuha. Salam sehat.

20 Syawal 1442H/01.06.2021.

lfh/LFH.


Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia