Kamis, 24 Juni 2021

Berkah


Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. 

Tunjukilah kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan jalan mereka yang dimurkai, dan bukan pula jalan mereka yang sesat.

Berkah

Kata berkah sering  diucapkan seseorang, misalnya "semoga berkah".

Apakah arti berkah?

Berkah berasal dari bahasa Arab, artinya nikmat.

Menurut Imam Al-Ghazali, berkah (barokah) artinya " bertambah kebaikan".

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata berkah berarti karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia.

Bertambah kebaikan bisa berupa rezki, harta, ilmu, kesehatan, dan pahala.

Memperoleh kebaikan kehidupan di dunia dan akhirat menjadi dambaan orang beriman. Untuk itu pula doa yang tidak lepas dipanjatkan seusai sholat adalah:

"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka"

QS: Al-Baqarah (2):201.

Al Qur'an sendiri merupakan berkah bagi manusia sebagaimana firman-Nya:

Kitab (Al Quran)yang kami turunkan kepadamu, penuh berkah agar mereka menghayati ayat-ayatnya dan agar orang-orang yang berakal sehat  mendapat pelajaran*

QS: Sad (38):29.

Bagaimanakah meraih kebahagiaan dunia dan akherat? Dalam surat dibawah ini Allah memberikan tanda yang nyata:

Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan  berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan.

QS: Al-Qasas (28): 77.

Jelaslah ada pelajaran penting yang Allah minta pada manusia dalam melaksanakan kehidupan dunia: (1) persiapkan pula hidup untuk akhirat, (2) berbuat baiklah pada orang lain dan (3) jangan melakukan kerusakan apapun di bumi.

Rasulullah SAW memberi petunjuk bagaimana cara agar kita diberi ganjaran baik dalam hidup  di dunia maupun di akherat

Pertama, hati yang bersyukur yaitu setiap menerima pemberian Allah SWT dengan penuh kegembiraan, baik nikmat besar maupun nikmat kecil, yang diluar harapan. Perasaan gembira dan bahagia ketika mendapat nikmat akan mendatangkan kebaikan dunia dan akherar dalam bentuk berkah (tambahan kebaikan).

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, " Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari ( nikmatKu) maka pasti azabKu sangat berat."

QS : Ibrahim (14):7.

Kedua,  lisan yang selalu berzikir. Zikir salah satu amalan yang mendatangkan ketenangan jiwa.

(yaitu) orang-orang yang beriman  dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.

QS: Ar-Ra'd (13):28.

Ketiga, cobaan terhadap tubuh ataupun kesulitan lainnya.Orang beriman senantiasa bersabar saat ditimpa kesulitan atau penyakit, sebab ia tahu bahwa bersamaan dengan semua itu ada kecintaan dan kebaikan Allah SWT.

" Sungguh jika Allah mencintai suatu kaum, Dia akan menimpakan ujian untuk mereka. Barangsiapa yang ridha, maka ia yang akan meraih ridha Allah. Barangsiapa yang tidak suka, Allah pun akan murka." (HR Ibnu Majah)

Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi.

QS: Al-A'raf ():96.

Raihlah keridha'an Allah. Selamat menunaikan sholat sunnah Dhuha.

16 Syawal 1442H/28.05.2021.

lfh/LFH.


Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia