Senin, 28 Juni 2021

Beramal Saleh


Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang.

Tunjukilah kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat.

Beramal Saleh

Menurut  seorang ahli tafsir klasik bernama Abu Kasim Mahmud bin Umar Az-Zamakhsyari (467H-538H), amal saleh adalah segala perbuatan yang sesuai dengan dalil akal, Al Qur'an, dan atau sunah Nabi Muhammad SAW.

Jika dikerjakan, amal saleh  akan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. 

Amal saleh ini ada dua macam, yaitu amal jariyah dan amal ibadah.

Amal jariyah ialah perbuatan kebajikan yang dilakukan secara sukarela dengan mengharapkan rida Allah SWT, dan mendatangkan balasan pahala bagi yang melakukannya, meskipun ia telah meninggal dunia.Pahala amal ini terus mengalir kepadanya selama orang yang masih hidup dapat memanfaatkan hasil kebajikan yang ditinggalkanya di dunia.

Amal saleh yang tidak putus pahalanya, dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah SAW bersabda:

" Apabila  anak Adam (manusia) wafat, putuslah amalnya, kecuali tiga macam: sedekah jariyah, ilmu pengetahuan yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakannya".

(HR.Muslim)

Dasar amal saleh ini adalah Firman Allah:

"Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami  berikan kepadanya kehidupan yang baik"

QS. An-Nahl (16):97.

Allah Ta'ala senantiasa mengawasi kebaikan dan kejahatan yang  kita lakukan sekecil apapun.  Kepada-Nya lah  tempat kembali. 

"Barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan) nya. Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya."

QS.Az-Zilzal (99):7-8.

Janji Allah kepada orang-orang yang beramal saleh mendapat ampunan dan pahala yang besar, sesuai firmanNya:

"Allah telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan beramal daleh, (bahwa) mereka akan mendapat ampunan dan pahala yang besar".

QS.Al-Maidah (5):9.

Berikut amal saleh yang dapat kita lakukan untuk memperoleh janji Allah diatas:

Sedekah jariyah, yang pahalanya mengalir terus, seperti membuat rumah yatim piatu, sekolah, masjid, jalan, rumah sakit, dan lainnya karena Allah maka ketika ia sudah meninggal dunia akan merasakan nikmatnya pahala dari Allah. Pahala Allah akan terus mengalir selama sedekah jariyah tersebut dimanfaatkan orang banyak.

Ilmu yang bermanfaat bagi orang lain, pahala dari ilmu tersebut akan terus mengalir kepada orang yang mempunyai ilmu itu walaupun ia sudah meninggal dunia. Ia akan merasakan nikmatnya pahala dari Allah SWT berkat ilmu yang dimanfaatkan orang lain.

Anak yang selalu mendoakan orangtuanya, akan menjadi pahala yang terus mengalir kepada orangtuanya ketika orangtuanya telah meninggal dunia.

Selamat menunaikan sholat sunnah Dhuha. Salam sehat.

25 Syawal 1442H/06.06.2021.

lfh/LFH.


Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia