Selasa, 01 Desember 2020

Renungan 2/3 Malam


Alhamdulillah...khatam lagi pada subuh, 3 Oktober 2020. Seneng sekali rasanya hati ini.

Pagi ini selesai baca Al Qur'an...pikiran saya menerawang jauh menembus di masa saya beranjak dewasa...kala melihat kesibukan mami menjelang pagi hari.
Di awali 2/3 malam sekitar jam 3 pagi saat saya masih lelap tidur, saya selalu terbangun saat mendengar pintu kamar mandi dibuka dan gemercik suara air membasuhi bagian-bagian tubuh. Saya hafal...itu saatnya mami bangun dan berwudhu. Beberapa menit kemudian lamat-lamat terdengar suara seperti orang berbisik. Mami sholat tahajud dengan melafaz bacaan Al Qur'an nyaris tanpa suara tapi masih cukup terdengar dikuping saya.
Tidak lama adzan subuhpun berkumandang. Mami masih berada di kamarnya. Usai rangkaian ibadah sholat subuh dilakukan, mami melantunkan bacaan surat Al Quran. Alunan suara merdu mami jadi memori episodik saya di saat subuh. Ini saya copas insya Allah bisa istiqomah.
Disaat seperti ini..saya dan adik-adik mulai full terbangun..di dapur juga sudah ada kegiatan, ART sudah siap memasak air panas dan siap-siap membereskan meja makan.
Sudah selesai? Belum. Ritual mami selanjutnya mami mendengar kuliah subuh dari Radio Kayumanis dai kondang Kosim Nurseha.
Demikianlah saya dan enam adik beranjak tumbuh menuju masa dewasa.Dan apa yang saya lihat, saya dengar bertahun-tahun itu tanpa saya sadari menjadi bagian dalam diri saya.
Memasuki hidup perkawinan, saya bersyukur memperoleh atmosfir yang sama.
Alhamdulillah...namun sudah pasti frekuensi khatam saya tidak sebanyak pak suami. Tidak mengapa..saya beryukur bisa terus melakukan rutinitas ngaji dan membaca terjemahannya dengan target yang bisa saya capai, seperti subuh hari ini.
Surat ke-103 Al-Asr ayat 3 menjadi penguat saya menyampaikan kutipan ayat dari surah yang saya baca, " kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran".
Saya mencoba menambah takaran untuk mengerjakan kebaikan yang bisa saya lakukan hari demi hari..walau seberat zarrah..semoga Allah ridha.
Renungan 2/3 Malam..judul yang saya pilih untuk meneruskan ayat-ayat yang saya stabilo dalam Al Qur'an dan terjemahannya untuk para kenalan, teman, kerabat, sejawat, dan mahasiswa. Alhamdulillah..

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia