Rabu, 23 Desember 2020

FOCUS


Papi bukan psikolog..tapi buku-buku tentang kejiwaan di deretan koleksi bukunya cukup mendominasi. Papi tidak pernah melihat dan mengalami saya jadi mahasiswa Fakultas Psikologi UI Angkatan 1976. Pada 27 Desember 1974 papi di usia 55 tahun kembali ke haribaanNya.

Kehadiran papi hanya selama 17 tahun dalam hidup saya dan enam adik saya namun cukup signifikan. Banyak niliai-nilai baik saya peroleh sebagai bekal hidup. Cara papi memotivasi hanya dengan kata-kata sederhana "orang lain bisa, Reni juga pasti bisa".Bismillah.."
Ini kebiasaan papi, orang yang paling akhir di rumah untuk tidur malam, ia juga mengecek-ngecek pintu,memastikan jendela sudah dikunci dengan benar, kompor, colokan setrika dan mematikan lampu yang tidak perlu nyala serta membetulkan selimut anak-anaknya.
Papi orang yang tertib, prosedural dan administrator handal. Tertib karena ia tidur selalu berpiyama panjang, sholat dengan sarung dan baju koko.Saat makanpun berpakaian proper. Tidak pernah sekalipun melihat papi bertelanjang dada dengan kaki naik keatas sambil makan.
Papi seorang yang sangat teratur. Jadwalnya bisa ketebak. Bangun tidur sudah duduk di kursi besarnya dengan meja kecil yang sudah tersedia kopi dan koran.Papi berlangganan Newsweek, Times dan Reader's Digest. Ia fokus untuk yang sedang ia hadapi. Dan anak-anak sudah paham, tidak berani ganggu 'me time' nya papi.
Hobi papi melihara ikan di aquarium. Saya kadang ikut membantu menguras aquarium, membersihkan lumut dan menjaring ikan sementara ke ember atau baskom.Papi juga suka pelihara burung dan anjing. Anjing herder bernama Argo yang setia selalu duduk depan pintu kamar saya.
Saat cukur rambutpun di langganannya Barbershop di bilangan Harmoni, papi juga fokus. Dia mencermati hasil kerja tukang cukurnya.
Hal yang saya paling tunggu saat tidur malam. Papi akan ke kamar tidur saya dan Nita, terus cerita dongeng Sunda seperti Lutung Kasarung, mengajari lagu Sunda " tong tolang Nangka" serta menutupnya dengan mengajak berdoa "jangan lupa berdoa sebelum tidur..minta ke Allah esok bisa bangun lagi dan sehat".

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia