Senin, 27 Januari 2020

TENUN BADUY

Pertamakali kesini tahun 2012 saat Dj. Tiba-tiba sebulan yang lalu saya yang diajak Justin sesama Sanurian masuk komunitas Sanur Wastra (Rina anak sulungnya, kebetulan kuliah juga di Erasmus University Rotterdam dengan Nazura. Nazura ceritalah kalau bundanya juga Sanurian dan berkain sejak 2005). 

Di wag Sanur Wastra yang silang angkatan ini ada wajib setor berwastra, jadilah anggota baru melihat aneka kain tenun yang dipakai. Belum lagi ada acara jualan koleksi, atau penawaran dari pengrajin langsung. Nah kebanyakan yang dipamer itu kain tenun Baduy.

So..memory ke Baduy muncul kembali. Saat 2012 dengan bus dan dikawal nguing-nguing. Sekarang ke Baduy milih moda transportasi yang belum pernah, yaitu KRL.. Biasanya ber KRL hanya jarak dekat sampai Stasiun UI, Depok, paling banter itupun sekali. sampai Bogor. Jadi ini tantangan baru untuk ke Baduy dengan berkereta dari stasiun Tanah Abang. Horeeee...

Semangat menggebu apalagi sudah beli tiket berombongan yang include penginapan dan makan selama 1 malam, 2 hari. Tapi baru belakangan membaca lagi larangan maupun sikon di Baduy Dalam langsung ciut nyali saya dan Idjul. 

Tapi semangat saya untuk jalan ke Baduy luar tetap besar..namun harus pulang pergi jatuhnya. Dan berarti uang tur rombongan angus. Dari hasil googling kalai naik transport publik ngga nututi pulangnya. Bus dari Ciboleger paling akhir jam 12 siang ke Stasiun  Rangkasbitung. Wadduh bagaimana ini..masa nginap siih. Bagaimana untuk MCK? Bagaimana untuk tidur di bale-bale? Bagaimana ngga ada listrik? Waduh kuat nggak nih jalan 4 jam yang medannya mendaki. Masa sih ngga ada cara lain untuk balik ke Rangkas?

Semalaman saya mikir..jam 4:30 harus sudah berangkat dari rumah..langsung saya putuskan go ke Ciboleger pp.. Semoga ada solusi.. Posisi tinggal saya sendiri yang bersemangat..Idjul sdh malaaazzz..no way pokoknya hehehe
Alhamdulillah...ditemani satu anak dan satu cucu akhirnya berkelana...Dan dari blog orang dapat info tentang mobil sewa. Langsung saya telepon pagi itu juga dari kereta. Pak Asep menawarkan harga 500k tapi dia cuma ngedrop dan nanti jam 14 jemput lagi di Ciboleger. Cincai lah.

Begitu sodara-sodara jadilah saya 12 jam berjalan menikmati akhir pekan ke Baduy Luar. Desa Kanekes. Modusnya untuk melihat tenun Baduy yang cantik-cantik, wabil khusus bertemu langsung dengan pengrajin yang selama ini saya kenal hanya via wa saja. 

Alhamdulillah...bersyukur masih ada energi untuk menikmati keberagaman alam dan budaya Indonesia.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia