Jumat, 24 Januari 2020

Jelajah Rumah Si Pitung


Niat membuat tekad menjadi bulat😊 Dengan mengucap basmallah di tengah hujan rintik aybun memulai penjelajahan ke Jakarta Utara. Dari H-1 sdh diintip prakiraan cuaca BMKG utk Minggu 5 Januari 2020. Semoga aman..Alhamdulillah lancar jayaaa🙏

Nama si Pitung sdh aybun dengar sejak kecil. Legenda sekaligus Pahlawan Betawi ini menjadi musuh besar Belanda saat itu. Si Pitung ibarat Robinhood, bsm komplotannya menjarah harta orang-orang kaya Belanda. Hasil jarahan dibagikan kepada orang-orang miskin sekitarnya. 

Si Pitung dikenal kesaktiannya, ia kebal peluru. Konon mnrt pemandu wisata (lihat foto, yang aybun apit berdua) jasad Si Pitung di potong dua agar ia tidak bangkit lagi. Sebagian dikubur di Belanda dan sebagian di Betawi.

Rumah Si Pitung di Marunda selalu ramai dikunjungi ibu-ibu Majelis Taklim dan pesilat yang berlatih dan bermalam, agar memperoleh aura Si Pitung. Secara berseloroh pemandu wisata menyebut datang ke Rumah Si Pitung sebagai wisata sugesti.

Sebaiknya datang di hari yang cerah..agar bisa menikmati gambang keromong, mereka yang latihan pencak silat dan tarian Betawi.

Usai tur Rumah Si Pitung, aybun menikmati kerak telor dan ranginang.Dan bagi yang suka bisa juga menikmati Bir Pletok.

***

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia