Jumat, 02 November 2018

Kaleidoskop 2013 Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

SAMBUTAN  
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sepanjang tahun 2013, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal PAUDNI) menyelenggarakan beragam kegiatan dan layanan untuk masyarakat. Banyak hal yang telah dicapai, dan perlu kami kabarkan kepada masyarakat.

Kaleidoskop ini merangkum dan merekam kegiatan sepanjang bulan Januari hingga Desember tahun 2013. Selain sebagai bentuk transparansi kegiatan yang telah terselenggara, kaleidoskop ini juga sebagai sarana sosialisasi program Direktorat Jenderal PAUDNI kepada khalayak.

Sebagai salah satu unit utama di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kebijakan Direktorat Jenderal PAUDNI membutuhkan umpan balik dari masyarakat. Oleh karena itu, melalui kaleidoskop ini, masyarakat dapat membaca, mencermati sekaligus mengkritisi kegiatan yang telah kami selenggarakan.

Perlu diketahui, pada tahun 2013 terdapat sejumlah perubahan kebijakan Direktorat Jenderal PAUDNI. Dari sisi anggaran, alokasi. peningkatan kualitas dan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) menempati porsi terbesar.

Dari total anggaran Ditjen PAUDNI sebesar Rp 2,4 triliun, alokasi anggaran untuk Direktorat Pembinaan PTK PAUDNI mencapai Rp 952 miliar. Kebijakan ini menandakan kepedulian Direktorat Jenderal PAUDNI terhadap upaya peningkatan kompetensi pendidik. Sebab, mereka adalah ujung tombak kualitas pembelajaran. Jika kesejahteraan mereka telah terpenuhi, maka anak didik diharapkan dapat memperoleh layanan terbaik.

Selain itu, sejumlah kebijakan yang cukup penting pada tahun 2013 adalah perubahan prosedur penyaluran dana bantuan sosial. Sebagian besar dana bantuan ditarik ke pemerintah pusat. Serangkaian kebijakan ini diharapkan dapat meningkatkan layanan kepada seluruh masyarakat. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal PAUDNI pada tahun 2013 menjadi sangat penting. Oleh karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berada di pengujung Rencana Strategi Tahun 2010-2014.

Untuk menuntaskan hal tersebut, Direktorat Jenderal PAUDNI memerlukan dukungan sumber daya manusia dan anggaran yang memadai, terutama di provinsi dan kabupaten/kota. Dengan masih terbatasnya anggaran Ditjen PAUDNI, maka pemberdayaan potensi masyarakat mutlak diperlukan. Oleh karena itu, kampanye dan sosialisasi PAUDNI yang tiada henti merupakan hal yang harus terus menerus dilakukan.

Akhirnya, saya menyampaikan terima kasih kepada Tim yang telah menyusun Kaleidoskop 2013. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah memberikan kesempatan untuk mengembangkan program PAUDNI. Tidak lupa, ucapan terima kasih
kepada seluruh pimpinan dan staf di lingkungan Ditjen PAUDNI, Dinas Pendidikan, dan seluruh mitra kerja. Semoga Allah SWT meridhoi maksud baik kita. Amin.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Direktur Jenderal PAUDNI,
Lydia Freyani Hawadi

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia