Kamis, 23 Agustus 2018

Dirjen PAUDNI Kemendikbud Kunjungi TK Kusumah Desa Sukagalih

Kab.Tasikmalaya, LINTAS PENA
PAUD merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi anak. Sebab itu, ia mengajak para orangtua untuk mengikutsertakan putra-putri mereka dalam jenjang pendidikan tersebut. “PAUD merupakan pondasi penting bagi pendidikan lebih lanjut,” ucap Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psi, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal (PAUDNI)  Kemendikbud  saat  mengunjungi TK Kusumah Desa Sukagalih di lingkungan UPTD Pendidikan Sukaratu Kab.Tasikmalaya pada hari Minggu pekan kemarin. Hadir pada kesempatan itu Kadisdik Kab.Tasikmalaya Drs.H.Moch.Zein MPd, Kepala UPTD Pendidikan Sukaratu, Camat Sukaratu dan undangan lainnya.
 
            Dirjen menyampaikan bahwa kebutuhan masyarakat akan layanan pendidikan sangat beragam. Sebab itu lembaga PAUDNI harus mampu memenuhi kebutuhan tersebut. “Balai harus meningkatkan kerja sama dan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan, sehingga masyarakat dapat memperoleh layanan pendidikan sesuai kebutuhan,” urainya.
 
            Prof.Reni panggilan akrabnya, selain mengunjungi TK Kusumah yamg didirikan oleh almarhum Brigjen Wasita Kusumah mantan Gubernut NTB dan Wakil Rektor Unsil ini, juga memberikan bantuan rehabilitasi untuk 2 ruang kelas. Bantuan juga diberikan kepada PAUD Terpadu Babussalam Kec.Jatiwaras pimpinan Yoyo Susanto berupa pembangunan ruang kelas baru, kemudian kepada BKBOW Salopa pimpinan Rodiati, TK Plus Al Latif Pagerageung pimpinan Usep dan PSAA Nurul Ihsan di Kec.Tamansari Kota Tasikmalaya.
 
            Dirjen PAUDNI Kemendikbud ini mengaku bersyukur, bahwa seluruh desa di Kab.Tasikmalaya telah memiliki lembaga PAUD yang sebagian besar dikelola secara swadaya.”Artinya, warga Kab.Tasikmalaya khususnya kaum ibu sangat peduli terhadap pendidikan putra putrinya sejak usia dini,”tuturnya.
 
            Sementara itu, Kepala TK Kusumah Ai Sartika SPd didampingi Ketua Yayasan Koko Koswara mengaku bersyukur karena telah dikunjungi pejabat Dirjen PAUDNI Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psi yang sekaligus memberikan bantuan rehab untuk 2 ruang kelas. Dia menjelaskan, bahwa TK yang dipimpinnya saat ini memiliki 30 siswa menempati 2 ruang kelas dengan tenaga pengajare 3 orang guru PNS dan 5 guru honorer. “Kami berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan rehab untuk 2 ruang kelas,”ujarnya.(JOHAN ROHANI)***

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia