Jumat, 27 Juli 2018

Prof. Reni Sosok Perempuan Sangat Disiplin

Oleh Fatin Rohmah Nur Wahidah
Mahasiswa Profesi Pendidikan Tahun 2016


Prof. Reni yang saya kenal adalah seorang perempuan yang sangat disiplin. Hal ini terlihat dalam setiap pembimbingan kasus TK yang saya lakukan bersama beliau. Pertama, timeline bimbingan harus dibuat berdasarkan deadline pengumpulan kasus. Sy harus berkomitmen dg timeline yang sy buat tersebut. Kedua, tempat penyimpan file seperti map juga perlu disiapkan agar file tidak tercecer dan progres laporan dapat terpantau dengan baik. Ketiga, waktu bimbingan  harus sesuai jadwal yang telah disepakati, sepekan atau tiga hari sebelumnya.

Dalam proses pengerjaan, beliau membantu saya dalam 'menata' pola pikir saya agar lebih sistematis dan terarah, baik dalam menyusun laporan maupun menemukan permasalahan kasus. Hal ini biasanya dilakukan melalui diskusi, serta pembuatan tabel dan bagan.

Selain disiplin, Prof. Reni yang saya pahami pun menyukai kecepatan kerja. Beliau dapat merespon dengan cepat ketika saya membutuhkan bantuan tentang permasalahan kasus di lapangan maupun saat memberikan feedback laporan. Berkat kedisiplinan dan kecepatan kerja beliau, penyelesaian kasus saya dapat selesai tepat waktu.

Sejujurnya, karakter Prof. Reni yang kuat tersebut selalu membuat saya merasa cemas dan tidak tenang setiap kali akan bimbingan dengan baliau. Namun, di akhir pembimbingan dengan beliau akhirnya saya menyadari ada banyak pelajaran yang saya peroleh. Saya mendapat pengalaman baru yang berharga, yang membuat saya menjadi semakin tertantang untuk lebih memiliki kedisiplinan, kecepatan, dan tentunya komitmen dalam bekerja.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia