Selasa, 03 Juli 2018

Oleh Dirjen Paudni, Cetak Pemimpin yang Berkualitas Arita Rizal Effendi Dikukuhan Jadi Bunda PAUD Kota Balikpapan

PROKAL.CO, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan, Hj Arita Rizal Effendi dikukuhkan sebagai Bunda PAUD. Dengan demikian, ia kini mempunyai tugas mendorong peningakatan kualitas PAUD dalam memacu tumbuh kembang anak menjadi lebih baik.

PRESIDEN RI melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menitipkan pesan untuk mengajarkan anak-anak bangsa kelak menjadi pemimpinan yang berkualitas. Untuk menyukseskan keinginan tersebut, maka dibentuklah bunda-bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mulai dari tingkat nasional hingga daerah.

Selasa (18/12) kemarin, Hj Arita Rizal Effendi dikukuhkan menjadi Bunda PAUD Kota Balikpapan. Pengukuhan dilakukan Prof Dr Lydia Freyani Hawadi Psi selaku Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Informal (Dirjen Paudni) Kemendikbud. Arita tidak sendiri, tetapi juga ditemani sejumlah istri gubernur, bupati dan wali kota lainnya di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Penobatan tersebut bertujuan agar figur-figur itu dapat mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap pendidikan anak usia dini serta pemerataan akses layanan dan peningkatan kualitas PAUD.

Harapannya upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membentuk pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani. Nantinya, memiliki kemajuan dalam memasuki pendidikan lanjutan.

Perkembangan PAUD di Kota Balikpapan sendiri memang sangat membanggakan. Selain banyaknya PAUD yang berkualitas dan pembinaan yang baik, juga cakapnya para tutor yang memang mendapat perhatian dari Dinas Pendidikan Provinsi pun Kota Balikpapan. Apalagi Hj Arita Rizal Effendi, dikenal memiliki kepedulian dan komitmen untuk pendidikan usia dini.

Sudah banyak, kiprah Arita dalam membina dan memajukan PAUD. Istri Wali Kota ini, tak jarang turun langsung, melihat perkembangan PAUD di berbagai lingkungan di lima kecamatan di Kota Beriman

“Benar sekali. Beruntung, Bunda Arita Rizal Effendi sangat peduli dengan PAUD. Secara resmi, tadi (kemarin, Red.) sudah dikukuhkan di Hotel Sahid Jakarta. Pengukuhan secara nasional, Bunda PAUD untuk provinsi dan kota se-Indonesia. Sebagai Bunda PAUD Nasional yaitu Ani Yudhoyono dan Bunda PAUD Provinsi Amelia Awang Faroek,” beber Kabid Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Disdik Kota Balikpapan, Hendrik SPd MPd, kepada Balikpapan Pos, kemarin.

Pengukuhan sebagai Bunda PAUD, menunjukkan bahwa kepedulian Pemkot Balikpapan terhadap PAUD sangat tinggi. Bunda PAUD nantinya diharapkan dapat menjadi motivator dalam meningkatkan pelayanan pendidikan anak usia dini. “Sesuai arahan Kadisdik, bidang PLS pun terus mendukung dan menaruh perhatian untuk perkembangan PAUD di Balikpapan,” imbuhnya.

Masalah PAUD sangatlah penting, karena untuk mencetak para pemimpin bangsa ke depan, dengan kemampuan SDM yang baik, pun moral dan karakter yang baik pula. Di Balikpapan sendiri ada 850 tutor PAUD, dimana setiap bulannya mendapatkan Rp300 ribu dari dari anggaran Pemprov Kaltim. “Peran PAUD sangat dominan, dimana dari situ pencapaian Indonesia Emas sebagai sasaran presiden direalisasikan. Yakni dengan pendidikan yang baik dari usia sedini mungkin,” tandas Hendrik.(wid)

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia