Jumat, 13 April 2018

Pamong Belajar DIY salah satu Pemenang Lomba APE PAUD Tingkat Nasional

Dinas Dikpora DIY - Kementerian Pendidikan dan kebudayaan  (Kemdikbud)  melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Informal (PAUDNI) telah menyelenggarakan Lomba Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) - PAUD tingkat Nasional tahun 2013. Lomba ini berakhir pada tanggal 23 Oktober 2013, dan pada saat itu pula dilaksanakan pengumuman dan penganugerahan pemenang lomba APE Paud Tingkat nasional tahun 2013.

Lomba APE PAUD kali ini diikuti oleh 480 peserta dari seluruh Indonesia, baik pendidik PAUD maupun pengrajin APE PAUD. Dari hasil seleksi dan penilaian terhadap 480 naskah lomba yang masuk, telah ditetapkan oleh tim penilai sebanyak 30 naskah lomba sebagai nominasi pemenang. Untuk menetapkan pemenang lomba, 30 nominator kemudian untuk mempresentasikan hasil karya (prototype) di hadapan dewan juri. Presentasi telah dilaksanakan pada hari kamis tanggal 23 Oktober 2013. Di Hotel the The Media & Tower Sebelum presentasi, tim juri melakukan penilaian Penilaian 480 naskah telah dilakukan sejak  tanggal 20 September 2013 yang lalu.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Lydia Freyani Hawadi mengatakan, bermain merupakan bagian dari dunia anak-anak. Dengan lomba ini, kata beliau Kemdikbud ingin melahirkan pendidik, orang tua, yang bisa mewarnai lahirnya alat permainan edukatif dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya. “Kita ingin mengedukasi orang tua, untuk menyikapi membanjirnya pasar mainan anak dari China di Indonesia,” kata beliau”

Dalam acara penganugerahan pemenang, turut hadir pula Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Euis Saedah. Ia menyatakan, Kemenperin siap untuk mendukung tumbuhnya wirausaha kriya mainan anak. Karena dari perspektif ekonomi, kata beliau, wirausaha kriya ini akan menjadi awalnya peluang kerja baru. “Kami menyambut baik program ini, untuk menimbulkan wirausaha-wirausaha baru yang terfasilitasi SDM, standar, teknologi, dan HAKI nya,” katanya. 

Setelah dilaksanakan penjurian, maka diumumkanlah para juara dari Lomba APE PAUD ini, yakni : juara satu adalah Puji Riswati, guru PAUD dari Pekalongan, dengan hasil karya berjudul loker divergen. Juara dua diraih oleh Tony Suhendra, dengan judul karya Injak Jejak dari pengrajin Bandung . Juara tiga diraih oleh Rohita dari Jawa Timur, dengan judul karya Panggung Boneka jari Tematik (Pabotik), juara harapan satu diraih oleh Gun Sugianto, dengan karya permainan kewirausahaan anak (Kidpreneur Toy) dari Pengrajin  Kota Padang, juara harapan dua diraih oleh Endang Titik Setianingsih.S.Pd,MM dari  Pamong Belajar BPKB Dinas Dikpora DIY dengan karya Menara Tancap, dan juara harapan tiga diraih oleh Ismi Fauzia Ulinuha dengan karya Math For Kids dari Kabupaten Magelang.

Para juara memperoleh penghargaan berupa piagam dan  trofi serta dana pembinaan secara keseluruhan sebesar Rp  82.500 .000 ( Delapan puluh dua juta lima ratus ribu rupiah ) dengan perincian sebagai berikut :  Untuk juara satu Rp 25 juta, juara dua Rp 20 juta, juara tiga Rp 15 juta, juara harapan satu Rp 10 juta, juara harapan dua Rp 7,5 juta, dan juara harapan tiga Rp 5 juta.

Adapun tim penilai dalam lomba ini terdiri dari unsur Direktorat Pembinaan PAUD, HIMPAUDI, akademisi, Konsorsium Mainan Anak Indonesia (KMAI), dan forum PAUD. Sedangkan tim juri terdiri dari unsur Kementerian Perindustrian, Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek), akademisi, Indonesian Toy and Research Center (ITORCH), dan Praktisi PAUD Senior. (m.tok)

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia