Rabu, 21 Maret 2018

Pendidikan Anak Usia Dini Semakin Berkembang di Banten

Banten - Dirjen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) kementerian pendidikan dan Kebudayaan, Lydia Freyani Hawadi mengatakan, Saya sangat terkesan dengan pembangunan yang sudah maju pesat di provinsi Banten. Dari tiap tiap kabupaten saat ini sudah banyak Taman Bacaan masyarakat dan pusat kegiatan belajar masyarakat bahkan diluar target. 

Namun yang harus diperhatikan dari Pemprov Banten adalah kesejahteraan para penilik dan pamong yang beralih profesi sehingga tenaga pengajar berkurang. Lebih lanjut menurut Dirjen PAUD Lydia Freyani Hawadi, PAUD salah satu dari prioritas kemendikbud, karena kita harapkan anak-anak usia dini ini bisa menjadi awal pembagunan pendidikan berkelanjutan. Dan kemendikbud punya komitmen bahwa anak-anak ini nantinya yang akan menggantikan generasi berikutnya. 

Hal ini disampaikan dalam Kunjungan kerja ke Balai pelayanan pendidikan non formal dinas pendidikan provinsi Banten di Jl. Syech Nawawi Al Bantani , Palima, Serang, Banten. Menurut Lydia Freyani Hawadi, kunjungan ini pun untuk meyerap segala aspirasi dari seluruh dari unit pengajar PAUD. Dan hampir permasalahan yang ada adalah permasalahan perbedaan kesejahteraan dan kesetaraan penilik dan pamong serta guru PAUD dan pengawas, namun hal ini tidak menjadi permasalahan karena pemerintah saat ini terus berupaya menigkatkan kesejahteraan dan kesetaraan para penilik, pamong , guru PAUD dan pengawas. 

Pertemuan dengan para Kepala dinas pendidikan , kepala sanggar kegiatan belajar se Provinsi Banten, penilik PAUDNI se-provinsi Banten, dan Forum PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) serta lembaga-lembaga Kursus. Berlangsung di Balai pelayanan pendidikan non formal dinas pendidikan provinsi Banten di Jl. Syech Nawawi Al Bantani, Palima Serang, Banten. 

Sementara itu, sekertaris dinas pendidikan provinsi Banten Ade Kosasih, Balai pelayanan pendidikan non formal dibangun sejak 2011 lalu. Dalam pendiriannya Balai Pelayanan Pendidikan Non Formal mempunyai target untuk meningkatkan pemerataan dan aksebilitasi layanan pendidikan,meningkatkan mutu layanan pendidikan serta partisipasi masyarakat dan kemitraan dgn dunia usaha/industri dalam penyelengaraan pendidikan serta meningkatkan mutu tenaga pendidikan disemua lini kelembagaan penyelengara pendidikan. 

Dalam kunjungannya untuk pertama kalinya di balai pelayanan pendidikan non formal yang baru berdiri dirjen PAUD kemendikbud Lydia Freyani disambut oleh Marawis risma yang merupakan binaan balai pelayanan pendidikan non formal banten dan marching band dari TK Padu Al Kautsar serang serta peragaan tjimande tari kolot dari Kebun Jeruk Hilir. (Andi Akbar/MKS)

Sumber:http://www.mnctrijayafm.com/news/detail/1847/pendidikan-anak-usia-dini-semakin-berkembang-di-banten

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia