Rabu, 21 Maret 2018

MoU UT dengan PEMDA Sulawesi Selatan

Sejalan dengan RPJP Daerah Sulawesi Selatan Tahap kedua Periode 2013 – 2018 dimana salah satu kebijakannya adalah “Meningkatkan kualitas manusia yang ditandai dengan meningkatnya kualitas dan relevansi pendidikan yang didukung oleh manajemen pelayanan yang semakin efisien dan efektif”, maka Pemerintah Daerah (Pemda) Sulawesi Selatan (Sul Sel) dengan Universitas Terbuka (UT) melakukan penandatanganan MoU sebagai salah satu langkah untuk merealisasikan kebijakan tersebut. Mou ditandatangani oleh Gubernur Sul Sel Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH dengan Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed, Ph.D. disaksikan oleh Dirjen PAUDNI Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Ketua DPRD Sul Sel, Kadis Pendidikan Sul Sel, Muspida Tingkat Satu dan Tingkat Dua se Sul Sel, serta Kepala UPBJJ-UT Makassar.

Penandatanganan MoU dilaksanakan tanggal 12 Desember 2013 bertempat di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Sul Sel, bertepatan dengan Peringatan Hari Guru dan HUT PGRI ke-68 serta peringatan Hari Aksara Internasional ke-48. Dalam kesempatan ini, dua MoU yang ditandatangani yaitu MoU berisi tentang: 1) Pemberian SPP gratis bagi mahasiswa baru untuk 2 semester dalam jangka waktu 5 tahun dan 2) Bantuan penyelesaian studi untuk guru-guru PGSD dan PGPAUD.

Dalam sambutannya Gubernur Sul Sel mengemukakan bahwa masih ada sebanyak 5300 orang guru Sekolah Dasar (SD) di Sul Sel yang belum berpendidikan S1, diharapkan melalui kerjasama ini pada tahun 2018 semua guru SD di Sul Sel sudah berkualifikasi S1 sehingga Amanat Undang Undang no 14 Tahun 2005 tentang Sertifikasi Guru dan Dosen dapat terlaksana.

Sumber:  http://www.makassar.ut.ac.id/index.php/profil-fisip/indeks-berita/mou-ut-dengan-pemda-sulawesi-selatan

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia