Kamis, 08 Maret 2018

3.200 Pendidik PAUD Hadiri Seminar Nasional di Malang



Sekitar 3.200 peserta hadiri Seminar Nasional dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan tema “Membangun Karakter Anak Usia Emas sebagai Wujud Investasi dan Integritas Bangsa”.


Seminar diselenggarakan di GOR Ken Arok Kabupaten Malang. Peserta seminar adalah Pendidik PAUD yang tergabung dalam Himpaudi Kabupaten/Kota Malang, Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI), serta ditambah peserta pendidik PAUD dari luar kota Malang.

 

Acara ini dibuka secara resmi oleh Istri Bupati Malang selaku Bunda PAUD Kabupaten Malang yaitu Ibu Hj. Yayuk Rendra Kresna, MM. Selasa pagi (20/5) Sebagai pembicara utama seminar adalah Dirjen PAUDNI Kemdikbud Prof. Dr. Lidya Freyani Hawadi, Psikolog yang memberikan materi Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini dalam menyongsong berlakunya Kurikulum 2013.
 

Dirjen menegaskan “Kurikulum PAUD 2013, perlu segera disosialisasikan dalam menyongsong pemberlakuan kurikulum 2013 sehingga ada standar yang sama”. Salah satu contoh yang paling mudah adalah standar lagu anak-anak yang harus dikuasai anak usia dini. Ia menuturkan, saat ini fenomena yang ada di masyarakat, anak lebih hafal dan lebih sering menyanyikan lagu lagu populer orang dewasa dibanding lagu anak-anak.
 

Ia juga mengatakan, dalam proses penerapan kurikulum salah satu hal yang penting dilakukan adalah membangun pengalaman nyata pada anak untuk meningkatkan pengetahuannya sendiri.
 

”Dan didukung dengan pijakan guru yang tepat, serta membangun critical thinking, dan problem solving pada anak”, katanya.
 

Sumber : www.paud-dikmas.kemdikbud.go.id

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia