Jumat, 09 Maret 2018

Dirjen PAUDNI Kunjungi TK Binaan Angkatan Laut di Pulau Saugi Sulsel

Makassar-Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini ,Nonformal dan Informal (PAUDNI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog, mengunjungi TK Binaan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) VI, di Pulau Saugi, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Kamis (15/5/2014).

PAUD yang dikunjungi di pulau yang bisa dicapai melalui perjalanan laut dari Makassar sekitar tiga jam itu, adalah PAUD Pesona Bahariku. PAUD binaan Lantamal VI dan Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Regional III Makassar tersebut sudah beroperasi sekitar tiga tahun lamanya.

Selain menunjungi PAUD di pulau berpenduduk 375 kepala keluarga itu, Dirjen mengunjungi pula Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Jalasaugi yang juga merupakan binaan Poslantamal Barru di pulau yang sama.

Dalam kunjungan tersebut, Dirjen berdialog dengan anak-anak binaan dan warga yang terlibat dalam PKBM. Dirjen PAUDNI berjanji akan memberi sejumlah bantuan dalam bentuk program kepada PAUD di pulau tersebut. Bantuan itu akan ditindaklanjuti oleh BP PAUDNI Regional III Makassar.

Di bawah terik matahari sore, Guru Besar Psikologi Universitas Indonesia itu berdialog dengan anak-anak peserta didik PAUD dan mengajaknya  menyanyi bersama. Anak-anak pun dengan tawa polosnya menikmati ajakan nyanyi bersama. Itu merupakan pengalaman langka bagi mereka. Bisa bernyanyi bareng dengan pejabat dari pemerintah pusat.

Dari Pulau Saugi, Dirjen melanjutkan kunjungan ke Pulau Balang Lompo. Pulau ini masih terletak di Kabupaten Pangkep, namun jaraknya dari Makassar lebih dekat dibandingkan dengan Pulau Saugi. Waktu tempuh ke pulau ini pun hanya sekitar satu jam dari Pangkalan Angkatan Laut VI Makassar, di Jalaria, Paotere.
Di pulau yang masuk administrasi Kecamatan Liukang Tupabbiring tersebut, Prof. Lydia meninjau Kelompok Bermain Al Munawwarah. PAUD ini berdiri sejak tahun 2015 dan membina sekitar 40-an lebih anak anak yang bermukim di pulau tersebut. (Rusdi/BP.PAUDNI Reg.III Makassar)
***
Sumber: Paud dan Dikmas

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia