Jumat, 12 Januari 2018

Dirjen PAUDNI : Demi Peningkatan SDM, Staff Jangan Ragu Meminta Pelatihan

Papua-Ditjen PAUDNI.”Staff jangan ragu-ragu untuk meminta diadakan pelatihan kepada pimpinannya”, ujar Dirjen PAUDNI, Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi Psikolog, saat menyampaikan sambutan didepan jajaran pimpinan dan staff Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini BP-PAUDNI Regional VI Papua(25/3), saat melakukan kunjungan kerjanya di Papua.(25/3)
Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) di daerah, BP-PAUDNI menurut Dirjen wajib pula memberikan pelatihan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia didalamnya, selain peningkatan kualitas Pendidik dan Tenaga Pendidikan (PTK) ataupun lembaga PAUDNI di masyarakat. Karena Dirjen berpendapat bagaimana bisa melakukan pelayanan maksimal bagi masyarakat, jika sumber mutu kompetensi yang dimiliki belum ditingkatkan.

Sedangkan untuk model yang dhasilkan oleh UPT, Dirjen meminta agar hasil pengembangan model di masyarakat diserahkan ke Ditjen PAUDNI. Karena laporan tersebut sangat menentukan langkah dan strategi Kementerian, dalam mengembangkan pendidikan di daerah selanjutnya.

Sambil menutup dialog dan arahannya Dirjen berpesan agar BP-PAUDNI Regional VI Papua terus meningkatkan kinerjanya. Terutama dalam penuntasan angka tuna aksara yang masih tinggi, rendahnya APK PAUD dan meningkatkan jumlah pamong yang ada, serta meningkatkan konektivitas dengan Direktorat terkait model yang dikembangkan.

Selain itu Dirjen meminta segera diselenggarakannya Tempat Uji Kopetensi (TUK), bagi peserta didik lembaga kursus dan pelatihan di Papua dan Papua Barat. Dengan harapan masyarakat di wilayah tersebut bukan hanya sekedar mengikuti kursus, dalam artian memiliki ilmu tapi tidak teruji kopetensinya. (M.Husnul Farizi, S.IP/HK)

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia