Rabu, 20 Desember 2017

Dirjen Harapkan Lembaga Kursus Membuka Kelas Bagi Orang Tua

SURABAYA. Direktur Jenderal PAUDNI, Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog meminta para lembaga kursus dan pelatihan (LKP) membuka kelas bagi lansia. Mereka diharapkan dapat memupuk semangat belajar sepanjang hayat, bukan saja melayani generasi muda, tetapi juga  orang tua yang memiliki semangat mengembangkan diri.

Dirjen menilai, selama ini banyak orang tua tertarik mengikuti kursus dan pelatihan. Namun, tidak tersedianya ruang belajar dan metode khusus bagi para orang tua, membuat mereka merasa minder. sebab harus belajar dengan peserta didik lain, banyak yang usianya jauh lebih muda, dengan level kursus yang sama dengan mereka.

“Dan pendapat itu salah, karena kursus dan pelatihan merupakan wadah pengembangan diri. Bukan saja bagi para anak-anak ataupun remaja. Tetapi juga bagi para orang tua”, ujar Dirjen saat membuka acara Orientasi Teknis Bantuan Operasional Lembaga Kursus dan Pelatihan, di Surabaya, (18/6).
Kegiatan yang diselenggarakan hingga tanggal 18 Juni tersebut diikuti oleh lembaga penyelengaran kursus dan pelatihan dari berbagai jenis kursus di Indonesia, dan peserta dari Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan.

Selain itu, Dirjen berharap bantuan yang diberikan pemerintah kepada LKP, dapat meningkatkan kualitas lembaga. Sehingga berjalan sesuai dengan relnya dan misi Kemdikbud. Yaitu : Kepastian, keterjangkauan, kesetaran, dan peningkatan mutu pendidik dan kependidikan. (M. Husnul Farizi/HK)

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia