Sabtu, 23 Desember 2017

Diklat Multimedia Untuk Tingkatkan Profesionalisme PNS

Bandung. Multimedia merupakan konsep dan teknologi dari unsur-unsur gambar, suara, animasi serta video. Unsur tersebut disatukan didalam computer untuk disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk interaktif yang sangat inovatif.

“Idealnya, kemampuan teknis berkait erat dengan minat, akan tetapi potensi yang ada pada pegawai di lingkungan Ditjen PAUDNI masih kurang,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI) Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog saat memberikan sambutan pembukaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)  Multimedia Bidang PAUDNI  di Bandung, Minggu (22/9)

Diklat multimedia dimaksudkan untuk  meningkatkan  kinerja dan kompetensi pegawai di lingkungan PAUDNI. “Untuk mewujudkan hal itu diperlukan diklat pelatihan multimedia guna meningkatkan profesionalisme PNS,” kata Dirjen.  Menilik kondisi saat ini, diakui Reni Akbar – Hawadi sapaan akrab Dirjen PAUDNI mengatakan bahwa kompetensi pegawai belum maksimal.

Dirjen PAUDNI yang juga Guru Besar Psikologi UI berharap, setelah selesai peserta diklat multimedia bisa membantu pimpinan menyiapkan bahan paparan berupa power point. “Kita harus mempunyai paparan yang sama di lingkungan Ditjen PAUDNI,” pinta Dirjen,
Reni Akbar – Hawadi mengatakan pembelajaran multimedia ini jangan hanya berhenti pada saat diklat saja tetapi bisa dipergunakan di masing-masing Satuan Kerja (Satker). Selain itu, Dirjen PAUDNI berencana akan mengusulkan perlombaan membuat power point.

Sementara itu, Kepala Subbag Kepegawaian Setditjen PAUDNI, Sri  Rawi Sasmoro mengatakan bahwa diklat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman teknologi informasi dan komunikasi khususnya multimedia. “Melalui diklat ini kita ingin memberika layanan informasi PAUD dan juga pendidikan Nonformal dan Informal yang efektif, efisien, transparan dn akuntabel,” kata Rawi.
Pendidikan dan Pelatihan Multimedia Bidang PAUDNI berlangsung di Bandung dari tanggal 22 – 25 September 2013. Adapaun peserta berasal dari masing-masing Satker yang ada di lingkungan Ditjen PAUDNI (Teguh Susanto/HK)

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia