Jumat, 22 Desember 2017

Ayo Ajak Anak-anak PAUD ke Museum

MEDAN. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal (PAUDNI) Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog meminta para orang tua dan guru-guru PAUD agar mengajak putra-putri mereka ke museum. Menurutnya, langkah tersebut sangat menyenangkan, dan efektif untuk mengenalkan budaya, sejarah, dan kearifan lokal.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal PAUDNI saat mendampingi Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Kebudayaan, Prof. Ir. Wiendu Nuryanti, Ph.D mengunjungi Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (20/7).  “Anak-anak harus dikenalkan dengan museum, agar ada internalisasi budaya sejak dini,” ucapnya.

Dirjen menuturkan  setiap museum memiliki benda-benda koleksi dan kekhasan masing-masing yang sejatinya dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk anak-anak. Ia mencontohkan, di museum Negeri Provinsi Sumatera Utara, yang memiliki sekira 6.000 koleksi benda bersejarah, anak-anak PAUD dapat melihat sejarah kain Ulos. “Disini mereka bisa mengenal corak, morif, dan warna,” katanya.

Selain itu, Dirjen juga menilai bahwa museum memiliki peran penting dalam pembangunan karakter anak-anak sejak dini. Sebab, museum tidak hanya berfungsi sebagai tempat yang memamerkan benda-benda yang terkait sejarah perkembangan kehidupan manusia dan lingkungan, tetapi juga berperan penting dalam mengembangkan nilai budaya untuk memperkuat jati diri bangsa. “Mari kita ajarkan anak-anak kita agar bangga terhadap bangsanya. Kalau anak-anak PAUD sudah punya museum minded, saya yakin karakter mereka lebih kuat,” tegasnya.

Ia mengakui, masyarakat banyak yang enggan mengunjungi museum. Padahal manfaatnya luar biasa besar. Sebagai sarana belajar, anak-anak PAUD dapat dirangsang untuk mengenali objek-objek yang ada dalam museum. Kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai wahana rekreasi yang menyenangkan bagi anak-anak PAUD. “Guru harus kreatif, jangan hanya mengajak anak-anak PAUD ke taman hiburan, atau lokasi-lokasi yang konvensional. Cobalah ajak anak-anak ke museum,” ajak Dirjen. (Yohan Rubiyantoro/HK)

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia