Sabtu, 07 Oktober 2017

Suku Baduy

Berbincang-bincang bersama Jaro dan beberapa penduduk dari Suku Baduy (dok. pribadi)
Suku Baduy salah satu suku asli Banten. Jumlah pendududuk suku baduy sekitar 5.000 – 8.000 orang. Lokasi Suku Baduy tepatnya berada di kaki pegunungan Kendeng di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak-Rangkasbitung, Banten, berjarak sekitar 40 km dari kota Rangkasbitung.

Wilayah suku baduy sendiri terbagi ke dalam 2 daerah yaitu suku baduy dalam dan baduy luar. Suku baduy dalam merupakan suku baduy yang benar-benar masih menjaga adat istiadatnya sedangkan suku baduy luar merupakan suku baduy yang sudah berbaur dengan masyarakat sekitarnya.


Saat kunjungan kerja ke daerah Banten, saya berkunjung Ciboleger. Dari Desa Ciboleger, kita akan jalan kaki, menanjak dan menuruni anak tangga, melawati jalan perkampungan menuju pemunikam Suku Baduy di daerah Desa Adat Citorek. Desa ini terletak di Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak. Tradisi dan budaya di Citorek tak kalah kental dengan dua desa adat sebelumnya, namun ada beberapa perbedaan mendasar.

Meski sebagian dari mereka berprofesi sebagai petani, banyak yang memiliki rumah mewah, lengkap dengan perabotan modern. Bahkan ada dari mereka yang punya kendaraan seperti mobil dan motor. Meski begitu, tradisi tetap dipegang teguh.

Saya sempat berbincang-bincang dengan Jaro (Kepala Suku) dan penduduk Suku Baduy di rumah Jaro. Sambil berbincang-bincang saya disuguhi teh dan beberapa makanan kecil serta buah.



Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia