Sabtu, 07 Oktober 2017

Patung Bunda Maria Segala Bangsa

Patung Bunda Maria Segala Bangsa (dok. pribadi)
Patung Bunda Maria Segala Bangsa terletak di Bukit Keling, Nilo, Desa Wuliwutik, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka. Patung ini terbuat dari perunggu, didirikan pada tahun 2004. Patung ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para peziarah, baik dalam maupun luar negeri.
Patung Bunda Maria adalah bangunan tertinggi di Kabupaten Sikka. Tingginya mencapai 1.600 meter di atas permukaan laut, menghadap ke arah utara kota Maumere.

Jadi, patung Maria Bunda Segala Bangsa itu mengarah ke laut Flores, dengan kota Maumere persis di bawahnya. Seolah-olah Bunda Maria sendiri yang menjaga dan melindungi kota pantai yang cantik di daratan Flores itu.

Keberadaan Patung Bunda Maria di Kabupaten Sikka menjadi daya tarik wisatawan. Tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Daerah tersebut selain dijadikan tempat ziarah dan berdoa, tetapi juga dijadikan sebagai daerah wisata. Dari tempat tersebut, kita bisa melihat kota Maumere lengkap dengan pantainya yang biru dan bersih di bawah. Dan konon, dari kota Maumere pun patung Maria Bunda Segala Bangsa ini bisa kelihatan.

Pemandangan alam disekitar lokasi Patung Bunda Maria berdiri sangatlah indah. Barisan pegunungan yang seolah-olah memegari tempat tersebut, bunga-bunga dan tanaman yang tumbuh disekitar lokasi menambah cantiknya pemandangan. Ditambah lagi udara disekitar yang sejuk dan bebas dari polusi kendaraan bermotor. Saya tidak menyianyiakan kesempatan yang ada untuk tidak berfoto dan memfoto keindahan alam yang ada disana.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia