Sabtu, 07 Oktober 2017

Istano Basa Pagaruyung

Berpose di depan Istano Pagaruyung bersama sang suami tercinta (dok. pribadi)
Istano Basa Pagaruyung merupakan obyek wisata budaya yang terkenal di Sumatera Barat. Istano Pagaruyung yang berdiri sekarang adalah replika dari Istano Basa. Letak Istano Basa yang asli adalah di bukit Batu Patah, sedangkan replika Istano Pagaruyung terletak di kecamatan Tanjung Emas, Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Letaknya yang di dekat pegunungan membuat udara di sekitar istana terasa sangat sejuk.

Istana ini sangatlah indah. Lingkungan di luar dan di dalam istana terlihat di tata dengan baik. Pengunjung yang ingin masuk ke dalam istana, diwajibkan untuk melepaskan alas kaki. Di tangga menuju dalam istana terdapat petugas yang menjaga sepatu atau sendal dari para pengunjung. Di dalam istana, para pengunjung dapat melihat barang-barang replika Kerajaan Pagaruyung, ada tempat tidur putri raja, barang hantaran pernikahan, meja dan kursi tempat raja dan sesepuh adat ketika sedang mengadakan pertemuan, dan lain sebagainya.

Di luar istana, banyak terdapat anak-anak kecil yang memakai kostum badut. Mereka berkeliling-keliling untuk mengajak berfoto bersama. Selain itu, ada juga beberapa orang yang menjajakan dagangannya. Salah satu yang menarik perhatian saya adalah pedagang buah sawo. Buah sawo dari Batusangkar ini besar-besar dan manis. Selain pedagang, banyak juga jasa foto keliling yang siap memoto pengunjung yang ada disana. Disana juga ada penyewaan baju pengantin adat Minangkabau. Para pengunjung dapat berfoto dengan baju pengantin tersebut dengan menyewa seharga Rp. 35.000.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia