Kamis, 03 Februari 2022

Intelektual Yang Tegas, Lugas, Berani, Objektif Dan Peka Terhadap Perubahan

Oleh: Dedi Priadi, MT., MA.,

Inventor PRiADI Psychological Fingerprints


Perkenalan saya dengan Prof. Reni berawal dari ketertarikan beliau terkait metodologi asesmen sidik jari psikologi yang saya kembangkan, yaitu  “PRiADI Psychological Fingerprints”.  Berbeda dengan kebanyakan psikolog lain yang enggan secara terbuka menguji sistem yang saya kembangkan, beberapa diantaranya keberatan  untuk sekedar membahasnya,  Prof.Reni bahkan memberi "panggung" kepada saya untuk mempresentasikan argumen saya dan menjawab keraguan 40-an psikolog yang hadir di forum psikolog binaan Prof Reni “ Weekend Sharing Session Club” (WSSC).

Prof. Reni  selain banyak memberi masukan dan saran secara kritis juga  tertantang  untuk menguji langsung kesahihan sistem yang saya kembangkan bagi tiga anggota keluarga dekatnya.  Secara terbuka, tegas dan objektif  beliau memberikan penilaian analisisnya.

Adanya ide “eksperimen” hasil sidik jari psikologi  dengan hasil pemeriksaan psikologik oleh psikolog itu, membuat saya menilai Prof.  Reni sebagai intelektual yang berani, lugas, dan peka terhadap perubahan. Hal ini semua didasari oleh keinginantahuannya yang sangat tinggi dan  kemampuannya untuk bersikap objektif dalam memandang suatu masalah. Inilah modal utama seorang intelektual.

Selamat  ulang tahun ke-65 Prof. Reni. Semoga Allah menuliskan setiap ilmu yang kau bagi sebagai amal jariah hingga alam keabadian.

 

Bandung,  23 Januari 2022

Dedi Priadi, MT., MA.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia