Rabu, 19 Januari 2022

Tegas, Positif, dan Mudah Bersinergi

 Oleh: Irid Rachman Agoes

 

Kak Reni, tulisan ini pendek tetapi straight from the heart.

Sapaan kesayangan saya kepada Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, selalu kak Reni, karena kami pernah di Kwarnas Pramuka meskipun berbeda periode. Saya sebagai wakil ketua dan International Commissioner pada th 2008 sampai 2014 dan kak Reni  sebagai wakil ketua Bidang Binawasa di periode berikutnya.

Kerjasama kami terjalin juga saat saya menjadi Ketua Program Studi Kajan Wilayah Amerika dari tahun 2011 sampai tahun 2018 dan kak Reni menjadi Ketua Program Studi Kajian Timur Tengah dan Islam Fakultas Pasca Sarjana UI tahun  2009 - 2012.

Hubungan profesional dan pribadi dari berbagai organisasi ini berlanjut terus sejak  kami sama sama di Majelis Alimat Indonesia,sampai saat ini kak Reni jadi Wakil Ketua MAI dan saya sebagai  Ketua Badan Penasihat untuk periode  2019-2023.

Dengan kelindan organisasi yang berbeda dan dalam waktu lama secara intensif, saya mengenal dari dekat style berinteraksi  dan kedalaman berfikir kak Reni. Menurut saya, beliau adalah pejuang yang gigih baik bagi keilmuannya maupun sebagai perempuan. Kak Reni dua belas tahun lebih muda dari saya tetapi memiliki kekuatan pribadi yang dapat memahami segala usia, piawai menggabungkan  peran ibu dan isteri dan peran profesionalnya dengan cair dan hangat. Obrolan kami mengenai masalah pendidikan dan bangsa seringkali memakan waktu panjang dan melebar ke masalah masalah krusial yang dihadapi Indonesia. Tidak sekalipun saya menghadapi perbedaan prinsip dengan kak Reni.

Menurut saya, beliau tegas dan positif, mudah bersinergi dengan kalangan multikultural dan multinasional. Berbeda usia lebih dari satu dekade, saya berharap kak Reni mencapai jenjang karir yang lebih bermakna bagi Indonesia masa kini dan masa depan. Selalu belajar dan mengembangkan karirnya.

Saya juga berharap kak Reni akan selalu berbahagia bersama kak Zul dalam membina keluarga dan anak cucunya kelak. Tabah selalu dalam membimbing anak-anaknya meraih kebahagiaan yang diharapkan. In syaa Allah, kak Reni bersama keluarga dan keturunannya selalu menjaga nama baik keluarga besar Hawadi dan Akbar yang juga merupakan tokoh nasional di Indonesia.

Masih banyak lagi yang dapat saya tuliskan mengenai Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, tapi untuk kali ini pendek saja. Selamat Ulang Tahun Kak Reni, semoga selalu berkah umurnya. Salam hangat, kak Irid.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia