Minggu, 03 Oktober 2021

Gotong Royong

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memberi arti 'Gotong Royong' sebagai bekerja bersama-sama (tolong-menolong, bahu-membahu).

Tolong-menolong, bahu-membahu atau gotong royong sangat sesuai dengan ajaran Islam. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Shallallahu'Alaihi Wasallam bersabda:
_"Barangsiapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barangsiapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan akhirat. Barangsiapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Allah senantiasa menolong hambaNya selama hambaNya itu suka menolong saudaranya"_.
*HR. Muslim.*
Allah akan selalu menolong mereka yang melakukan tolong-menolong bagi saudaranya.
_"Barangsiapa menolong saudaranya, maka Allah akan selalu menolongnya."_
*HR. Bukhari dan Muslim*.
Pertolongan Allah kepada kita tergantung pada pertolongan kita pada orang lain.
_"Sesungguhnya Allah akan menolong seorang_
_hamba-Nya selama hamba itu menolong orang lain"_
*HR.Muslim, Abu Daud dan Tirmidzi*.
Bergotong royong mencerminkan adanya rasa kasih sayang kepada sesama manusia. Dan Allah akan membalas menyayanginya.
_"Orang yang menebar kasih sayang akan disayang oleh Allah Yang Maha Penyayang. Sayangilah yang dimuka bumi, kalian pasti akan disayang oleh Allah yang berada di atas langit."_
*HR.Tirmidzi*
Secara konkrit Rasulullah menjawab pertanyaan seorang sahabat :"Yaa Rasulullah, siapakah manusia yang paling dicintai Allah dan apakah perbuatan yang paling dicintai Allah? Rasulullah menjawab:
_"Manusia yang paling dicintai Allah adalah manusia yang paling banyak bermanfaat dan berguna bagi manusia yang lain. Sedangkan perbuatan yang paling dicintai Allah adalah memberikan kegembiraan kepada orang lain atau menghapus kesusahan orang lain, atau melunasi utang orang yang tidak mampu untuk membayarnya, atau memberi makan kepada mereka yang sedang kesusahan itu lebih aku sukai daripada beri'tikaf di masjidku ini selama satu bulan."_
*HR.Thabrani*
_"Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya.Ia tidak boleh menzaliminya dan tidak boleh membiarkannya diganggu orang lain (bahkan ia wajib menolong dan membelanya)"_
*HR.Muslim*
Bergotong royong selain menjukkan kepedulian kita pada sesama manusia, juga penguat sendi-sendi dalam kehidupan kita berbangsa bernegara.
Selamat menjalankan sholat Sunnah Dhuha.Salam sehat.
10 Muharram 1443H/19.08.2021.
lfh/LFH.
Youtube prof reni akbar hawadi
_Diadaptasi dan disadur secara bebas dari berbagai sumber_.

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia