Rabu, 21 Juli 2021

Sedekah Ladang Amal (1)


Sedekah berasal dari kata "shadaqa" yang berarti jujur, benar, memberi dengan ikhlas.Maknanya adalah mereka yang bersedekah telah berlaku jujur atas kelebihan yang  Allah berikan padanya.

Mengapa Allah dan Rasulullah memerintahkan ummatnya untuk bersedekah?

"Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.

QS. At-Talaq (65):7.

Allah sangat menyukai orang-orang yang bersedekah.

"Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah.

 Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa"

QS. Al-Baqarah (2): 276.

Hadis sedekah yang paling utama diriwayatkan Abu Hurairah R.A yang menyebutkan Rasululllah Shallallahu'Alaihi Wa Sallam bersabda:

" Setiap ruas tulang manusia harus disedekahi setiap hari di saat terbitnya matahari: berbuat adil terhadap dua orang (mendamaikan) adalah sedekah; menolong seseorang naik kendaraannya, membimbingnya, dan mengangkat barang bawaannya adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah; Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitupula setiap langkah berjalan untuk menunaikan sholat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah sedekah."

HR. Bukhari dan Muslim.

Selamat menjalankan Sunnah Dhuha. Salam sehat.

19 Zulkaidah 1442H/30.06.2021.

 

lfh/LFH.

 

www.lydiafreyanihawadi.com

Youtube prof reni akbar hawadi

Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia