Rabu, 23 Juni 2021

Rahmat Allah Azza Wa Jalla


Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. 

Tunjukilah kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan jalan mereka yang dimurkai, dan bukan pula jalan mereka yang sesat.

Rahmat Allah Azza Wa Jalla

Ada dua jenis Rahmat Allah Aza Wa Jalla yaitu:

1. Rahmat yang bersifat umum, yang diberikan bagi segenap makhlukNya. Rahmat umum ini bersifat fisik duniawi, contohnya berupa kecukupan sandang, pangan, papan, pangkat, jabatan, karir dan lainnya. 

2. Rahmat yang bersifat khusus, yang diberikan khusus bagi mereka yang menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Rahmat khusus ini bersifat rahmat baik di dunia maupun di akherat, misalnya kemudahan berbuat baik, hidayah jalan yang lurus, dimuliakan masuk surga dan diselamatkan dari api neraka.

Seorang muslim memandang rahmat yang bersifat khusus lebih penting dan utama. Dan karenanya ia berusaha mencari jalan untuk menggapai Rahmat Khusus  Allah Azza waJalla.

Jika seseorang melakukan perbuatan baik kepada sesama hamba Allah, menyayangi semua makhluk,  dan semakin besar ketaatan, semakin dekat dengan Allah maka semakin besar bagian rahmat khusus Allah yang ia akan dapatkan.

Amal-amal kebajikan dan ketaatan akan mendatangkan ridha Ar-Rahman, masuk surga dan teraihnya rahmat. Allah berfirman "Dan taatilah Allah dan Rasul"_dengan menjalankan perintah-perintah dan menjauhi larangan- larangan, supaya kamu diberi rahmat".

Syaikh al-Ustimin mengingatkan bahwa rahmat khusus itu berhubungan dengan dunia akherat.  Dan rahmat itu terwujud dalam teraihnya hal-hal yang diinginkan dan hilangnya hal-hal yang dikuatirkan.

Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi mengatakan "Wajibnya taat kepada Allah dan RasulNya untuk mendapatkan rahmat ilahiyyah, yaitu maaf dan ampunan(dari Allah) dan masuk kedalam surga".

"Dan taatlah kepada Allah dan Rasul (Muhammad), agar kamu diberi rahmat".

QS :Ali'Imran (3):132.

Hal lain  yang dilakukan agar memperoleh rahmat Allah Azza wa Jalla, 

"Dan ini adalah Kitab (Al-Qur'an) yang Kami turunkan dengan penuh berkah.Ikutilah, dan bertakwalah agar kamu mendapat rahmat,

QS: Al-An'am (6):155.

"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka".

Raihlah keridha'an Allah. Selamat menunaikan sholat sunnah Dhuha.

13 Syawal 1442H/25.05.2021.

lfh/LFH.


Copyright © Ren Lydia Freyani Hawadi | Guru Besar Universitas Indonesia